Share

Kemenkeu: Mengelola Dana Desa Perlu Keberanian dan Inovasi

Giri Hartomo, Okezone · Rabu 11 Desember 2019 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 320 2140671 kemenkeu-mengelola-dana-desa-perlu-keberanian-dan-inovasi-BG1yFnYmcK.jpg Uang Rupiah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan menyebut dana desa merupakan instrumen penting dalam pengembangan wilayah. Utamanya di Indonesia Timur yang saat ini masih sangat tertinggal dari daerah lainya.

Direktur Fasilitas Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Untung Basuki mengatakan, lewat dana desa diharapkan setiap wilayah bisa memanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sehingga ekonomi di daerah juga bisa terdongkrak.

Baca Juga: Sri Mulyani dan Keberhasilan Desa Srikayangan

"Peran pemerintah bagaimana pengeluaran pemerintah bisa memanfaatkan seluruh wilayah. Ini salah satu instrumen mendorong perekonomian," ujarnya saat ditemui di Hotel Century, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Rupiah

Oleh karena itu, lanjut Untung, masing-masing sesar harus bisa mengelola dana desanya dengan baik. Bahkan diharapkan dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat bisa digunakan untuk menarik investasi.

"Bagaimana mengelola dana desa. Diharapkan pemerintah bagaimana dikelola dengan baik. Syukur bisa menarik investasi," ucapnya.

Baca Juga: Asal Usul Ada Istilah "Desa Siluman", Begini Ceritanya!

Salah satu contohnya adalah pengelolaan dana desa yang baik adalah Desa di Klaten, Jawa Tengah. Desa Klaten dinilai mampu menciptakan sebuah objek wisata sendiri yakni Umbul Ponggok yang mana bisa menarik wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri.

"Klaten ada desa Ponggok. Bagaimana membuat desa sebagai aset. Denan memberdayakan seluruh masyarakat itu. Memang perlu ada inovasi ada keberanian," jelasnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Arif Baharudin mengatakan khusus daerah timur, pemerintah menyiapkan dana alokasi khusus untuk wilayah Papua Barat dan Papua. Nantinya dana tersebut bisa digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, Bandara atau bahkan Pelabuhan guna mendorong ekonomi.

"Tentunya kita banyak insiiasi dengan dana alokasi khusus ke Papua Barat dan Papua ada beberapa dana alokasi khsusu afirmasi untuk pembangunan infrastruktur badan penugasan spesifik area mendapatkan jenis dana penugasan berbeda dan alokasi dana desa porsinya lebih besar. Pertama Masyarakat yang dibantu lebih banyak dan indeks kemahalan konstruksi lebih tinggi. Untuk itu wajar dana desa lebih besar," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini