nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahaka Dapat Proyek Rp300 Juta di Garuda, Stafsus Erick: Tidak Besar

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 15:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 13 320 2141578 mahaka-dapat-proyek-rp300-juta-di-garuda-stafsus-erick-tidak-besar-JS0yOkMIE8.jpg Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) buka suara terkait proyek kerjasama antara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan PT Mahaka Media Tbk. Hal ini muncul kepermukaan lantaran Mahaka merupakan perusahaan yang didirikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Erick Thohir Ngakak Ada Cucu Perusahaan BUMN Garuda Tauberes Indonesia

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, kerjasama antara perusahaan Erick Thohir dan perusahaan penerbangan plat merah itu tidak akan berpengaruh terhadap sanksi yang diberikan kepada Garuda Indonesia.

Salah satu buktinya adalah dengan dicopotnya lima jajaran Direksi yang terbukti terlibat secara langsung maupun tidak langsung terhadap penyelundupan Harley Davidson. Selain itu, kelima Direksi yang terbukti masih menjabat sebagai Komisaris di perusahaan juga diberhentikan oleh Erick Thohir.

Baca Juga: Erick Thohir Kaget Mantan Direksi Garuda Punya Banyak Jabatan Komisaris

"Ini bisnis normal saja, Rp300 juta tidak besar. Terbukti juga walaupun ada bisnis bersama tapi direksi tidak aman juga kalau buat kesalahan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

 Melihat Lebih Dekat Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO

Arya menambahkan, Erick Thohir juga sudah mengundurkan diri dari Mahaka Media sejak ditunjuk menjadi menteri BUMN, sehingga, meskipun berkedudukan sebagai pendiri, namun Erick tak lagi ikut campur secara langsung terhadap operasional bisnis perusahaan seperti sebelumnya.

"Pak Erick kan sudah keluar dari Mahaka Media. Perusahaan itu juga sudah besar dari dulu. Punya bisnis di mana-mana," kata Arya.

Arya menjelaskan, kerjasama antara Mahaka dengan Garuda bukanlah Rp800 juta. Karena nilai Rp800 juta hanyalah nilai penawaran, sedangkan kerjasama yang finalnya adalah senilai Rp300 juta.

"Kalau soal Rp800 juta itu penawaran, bukan hasil akhir. Terakhir Rp300 juta," ucapnya

Menurut Arya, kerjasama kedua perusahaan itu adalah untuk kepentingan penyelenggaraan acara. Ketika itu, Garuda Indonesia tengah melakukan peluncuran pesawat baru yakni Airbus A330-900 NEO dengan mengundang beberapa artis.

"Jadi semacam event organizer (EO). Mahaka dapat bagian pengadaan artis. Itu waktu peluncuran Airbus," kata Arya.

 Melihat Lebih Dekat Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini