nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UMKM Kuasai Teknologi, Produk Impor Bakal Berkurang?

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 17:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 26 320 2146307 umkm-kuasai-teknologi-produk-impor-bakal-berkurang-yy0Qd0n7cl.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkapkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus bisa masuk pada pasar teknologi. Karena, banyak sektor teknologi yang saat ini masih impor dari negara lain. Hal itu dapat menjadi peluang baru bagi UMKM.

Baca Juga: UMKM Jangan Hanya Mengurus Keripik dan Batu Akik, Teten: Kapan Naiknya?

Menurutnya, beberapa teknologi yang bisa dikerjakan oleh pelaku UMKM, seperti alat di bidang kesehatan, alat pengupas kulit cherry kopi, alat pengolahan beras dan pengolahan sampah yang masih impor.

"Banyak teknologi yang sederhana sampai tinggi bisa dikerjakan oleh UMKM. Mulai dari software, teknologi pertanian. Saya terlibat banyak tentang perkopian, alat-alat pengupas cherry kopi juga masih impor dari Kolombia. Sama juga di perusahaan beras, jagung, pengolahan data sampah itu juga masih impor," ujar dia di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga: Barang Impor Rp45.000 Kena Pajak, UMKM Bakal Untung?

Teten menekankan pentingnya UMKM untuk mengarah ke komoditi unggul dengan diproduksinya teknologi oleh UMKM. "Hal tersebut bisa pelan-pelan menyelesaikan persoalan impor yang terus menerus terjadi," ujarnya.

Teten juga berharap infrastruktur, ekosistem, pembiayaan, daya dukung dan Sumber Daya Manusia mendukung agar UMKM juga dapat memiliki riset dan pengembangan sendiri.

"Tentunya, pemerintah akan melengkapi dari sektor lainnya," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini