Menhub: Masyarakat Senang Gunakan Kereta Api

Fathnur Rohman, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 320 2147860 menhub-masyarakat-senang-gunakan-kereta-api-TnsGsz2GWu.jpg Budi Karya Sumadi (Okezone)

CIREBON - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, ada peningkatan signifikan terkait pelayanan transportasi kereta api. Hal tersebut dibuktikan dengan respons masyarakat, yang merasa senang saat menggunakan moda transportasi kereta api pada musim libur Natal dan Tahun Baru saat ini.

"Saya kemarin keliling ke Jogja, Solo, dan kemarin ke Cirebon. Saya tampak selain ada kenaikan 4 persen (jumlah penumpang), penumpangnya juga puas dan happy menggunakan kereta api. Jadi kita memberikan suatu kebahagiaan kepada masyarakat, " kata Budi dalam sambutannya, saat melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019).

 Baca juga: Jelang Libur Nataru, Okupansi Kereta Api Masih di Angka 50%

Budi menjelaskan, rencananya pihaknya akan membangun sebuah rel kereta api layang yang terintegrasi dari Jakarta ke Surabaya. Rel kereta api layang tersebut nantinya akan melintasi Kota Cirebon, Jawa Barat.

Kereta Api

Dikatakan Budi, pembangunan rel kereta layang itu akan dimulai pada tahun 2022 dan direncanakan akan selesai dibangun pada tahun 2026. Menurutnya dengan adanya rel kereta layang itu, jarak tempuh dari satu kota ke kota lain akan semakin pendek. Ia mencontohkan, jarak tempuh dari Cirebon ke Jakarta bisa menjadi satu jam saja. Sebaliknya, dari Cirebon ke Surabaya hanya akan memakan waktu selama kurang lebih empat jam.

Baca juga: Tahun Depan KRL Mulai Beroperasi hingga Stasiun Serang

Budi mengaku, saat berbincang dengan Wakil Wali Kota Cirebon, ia mendapat keluhan kalau setiap tujuh menit sekali ada kereta api yang melintas di Kota Cirebon, sehingga menyebabkan kemacetan. Budi menerangkan, nantinya apabila rel kereta api layang itu sudah selesai dibangun, maka kemacetan tersebut bisa teratasi.

"Nanti akan ada kereta api dari Jakarta ke Surabaya berhenti di Cirebon. Nanti anda ke Jakarta cuma satu jam, ke Surabaya mungkin sekitar empat jam," ujar Budi.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Diprediksi Meningkat 4% selama Natal dan Tahun Baru

Budi menyampaikan, di tahun-tahun mendatang pihaknya akan melakukan kegiatan pembangunan yang lebih intensif. Hal itu dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, agar konektivitas transportasi di daerah bisa terintegrasi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini