Tips Bersihkan Rumah Pasca-Banjir, Nomor 1 Paling Mendasar!

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 470 2148517 tips-bersihkan-rumah-pasca-banjir-nomor-1-paling-mendasar-sLx2iUMT7c.jpg Rumah Banjir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banjir melanda di wilayah Jabodetabek pada awal tahun 2020. Sejumlah titik banjir bahkan terbilang cukup parah, lebih dari 1 meter. Sehari berselang, sudah ada sejumlah daerah yang mengalami banjir mulai surut. Nah, ketika air sudah surut, sudah saatnya Anda mulai bersih-bersih.

Berikut ini adalah sejumlah kiat membersihkan rumah yang dihimpun Okezone, Kamis (2/1/2020):

Pertama, paling mendasar adalah bersihkan lumpur yang mengendap di lantai rumah. Bisa dikeluarkan dengan dengan menggunakan sekop. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan selang air untuk membersihkan sisa-sisa lumpur dari bagian bawah furniture, lantai serta sudut-sudut ruangan.

Baca juga: Tangkal Banjir, Bandung Punya Terowongan Nanjung

Anda juga bisa menggunakan serokan yang terbuat dari bahan karet, akan sangat membantu mengingat bahan karet mendorong lumpur dan air secara bersamaan.

Kedua, Anda harus membersihkan peralatan makan yang terendam atau terkena air banjir. Karena air banjir adalah air yang kotor, Anda harus merendam peralatan dapur dan makan di dalam air yang sudah dicampur dengan pemutih sekira dua sendok makan ke dalam satu ember selama 10 menit. Setelah itu biarkan kering tanpa dilap.

Foto Aerial Banjir di Komplek IKPN Bintaro 

Selanjutnya, untuk alat makan yang terbuat dari bahan metal seperti sendok, rebuslah dalam air mendidih selama 10 menit.

Ketiga, bersihkan lemari. Lemari-lemari yang terkena lumpur dan banjir dilap sampai bersih dengan menggunakan air yang telah dicampur pemutih pakaian. Pastikan lemari kering baru masukkan kembali barang-barang.

Keempat, bersihkan dinding. Anda bisa menggunakan sponge basah yang telah diberi sedikit sabun cuci piring. Bila cat mengelupas, tunggu sampai benar-benar kering selama beberapa hari baru cat ulang dinding.

Kelima, sofa. Jika sofa kesayangan ikut menjadi korban banjir, maka sebaiknya panggil atau bawa sofa Anda ke tukang sofa untuk dibersihkan secara profesional.

Keenam, keringkan pakaian atau karpet sesegera mungkin untuk menghindari bau lembab. Jemur dan anginkan di area terbuka.

Foto Aerial Banjir di Komplek IKPN Bintaro

Ketujuh, buang barang yang tidak bisa terselamatkan. Misalnya mainan boneka, sebaiknya dibuang jika sudah terendam air banjir yang tidak higienis dan bisa menjadi sarang kuman.

Selain itu, Anda juga harus pilah-pilah barang-barang yang sudah tidak mungkin terselamatkan. Semakin cepat mengeluarkan barang-barang ini, semakin cepat rumah Anda terhindar dari bau lembab serta berbagai penyakit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini