Selain Baju, Ini Barang yang Sering di-Laundry Usai Banjir

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 04 320 2149196 selain-baju-ini-barang-yang-sering-di-laundry-usai-banjir-IDbuPLP78d.jpg Jasa Laundry (Foto: Okezone.com/Olla)

JAKARTA - Usai banjir mulai surut di beberapa wilayah, warga yang terkena banjir mulai membersihkan kediamannya. Ada yang mulai bersih-bersih lantai dari lumpur, membersihkan perabotan dan furnitur dari kuman, atau bahkan mencuci pakaian.

Namun, ada saja warga yang menggunakan jasa laundry untuk mempersingkat waktu bersih-bersihnya. Jasa laundry laris manis pasca banjir yang melanda wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: 95,5% Listrik Wilayah Terdampak Banjir Jabodetabek dan Banten Sudah Nyala

Selain pakaian yang menjadi barang utama saat me-laundry, ada juga beberapa barang yang menemaninya.

"Selain baju, banyak juga yang minta karpet, bed cover, atau selimut buat di-laundry," ungkap Aisyah, salah satu pelaku usaha laundry kepada Okezone di kawasan Bintara Raya, Bekasi Barat, Bekasi, Sabtu (4/1/2020).

Ada juga yang melayani jasa laundry untuk kasur. "Kita paling nge-laundry kasur palembang atau kasur-kasur yang tipis," papar Eti, pemilik laundry di Bintara Raya lainnya.

Baca Juga: Banjir Jabodetabek Bikin Harga Cabai Naik, Ini Daftar Selengkapnya

Dia mengaku pernah ditanyakan oleh pelanggannya tentang kesediaan jasa laundry untuk mencuci kasur. Namun Eti menolak karena hanya me-laundry yang ringan-ringan saja.

"Yang enteng-enteng saja kasurnya," katanya.

 Laundry

Usai banjir, Eti mengaku sudah menerima setidaknya empat kasur lantai untuk di-laundry.

Walau demikian, para pelaku usaha laundry menyampaikan pasca banjir, usahanya laku keras.

"Kalau dibilang persentasenya saya kurang tahu. Tapi melihat dari notanya ya banyak, ditotal sama yang kemarin bisa 600 kilogram per bulannya," jelas Ida.

Tetapi, setelah banjir surut warga yang menggunakan jasa laundry tidak bisa disebut stabil. "Kalau banjirnya besar, pelanggan banyak. Kalau banjirnya kecil, pelanggan biasanya mencuci sendiri," ujar Eti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini