nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliarder Ini Bagi-Bagi Rp126 Miliar di Twitter, Minat?

Vania Halim, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 09 320 2151000 miliarder-ini-bagi-bagi-rp126-miliar-di-twitter-minat-D1mzimjjON.jpg Yusaku Maezawa (Reuters)

TOKYO - Miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa kembali memberikan (give away) kepada pengikut akun twitter-nya. Dirinya memberikan USD9 juta atau setara Rp126 miliar (kurs Rp14.000 per USD) sebagai social experiment untuk melihat kebahagiaan para penerimanya.

Melansir Business Insider, Jakarta, Kamis (9/1/2020), Maezawa akan memberikan 1 juta yen atau USD9.000 yang setara Rp126 juta kepada 1.000 pengikutnya. Di mana, pengikutnya dipilih secara acak dari mereka yang me-retweet pos pada 1 Januari dan akan dilacak melalui survei reguler.

 Baca juga: Perusahaan Kosmetik yang Didirikan Kylie Jenner Punya CEO Baru

Dirinya pun berharap agar dapat menarik minat akademisi dan ekonom. "Ini adalah eksperimen sosial yang serius," kata Maezawa di YouTube.

 Yusaku Maezawa

Maezawa, yang akan menjadi penumpang pertama SpaceX milik Elon Musk, terkenal karena pengeluarannya yang tinggi untuk mobil, seni dan olahraga. Selain itu juga memiliki kecenderungan untuk merenungkan ide-ide seperti dunia tanpa uang.

 Baca juga: Termasuk Bill Gates dan George Soros, 17 Miliarder Ini Minta Kenaikan Pajak

Eksperimennya mengaitkan dengan gagasan penghasilan dasar, atau teori tentang memberikan pembayaran tanpa ikatan secara berkala kepada semua warga negara, yang telah mendapatkan daya tarik di beberapa kalangan politik.

Maezawa mengatakan bahwa mengingat dia "punya uang dan waktu luang" untuk melakukan pembayaran, dia merasa perlu untuk mencoba dan menginspirasi tentang manfaat “teori” di Jepang.

 Baca juga: Daftar 5 Orang Paling Kaya di Bumi, Siapa Saja?

Ini bukan pertama kalinya Maezawa memberikan uang secara online

Ini adalah hadiah kedua dan lebih besar. Di mana uang tersebut diperoleh pad NOvember atas pembayaran USD900 juta melalui penjualan bisnis fashion online-nya, Zozo Inc kepada SoftBank Group Corp.

Maezawa, yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah berpisah dari pacar aktris Ayame Goriki, telah mengumpulkan hampir 7 juta pengikut di Twitter dengan perpaduan tampilan konsumsi yang mencolok dan pernyataan sederhana tentang makna kehidupan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini