nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda dengan Susi, Edhy Prabowo Hibahkan Kapal Maling Ikan ke Kampus

Ade Putra, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 09 320 2151250 beda-dengan-susi-edhy-prabowo-hibahkan-kapal-maling-ikan-ke-kampus-NPU0Nr8ioj.jpg Kapal Illegal Fishing (Foto: Ist)

PONTIANAK - Dulunya, setiap kapal pelaku illegal fishing yang sudah memiliki ketetapan hukum pasti ditenggelamkan. Hal ini dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan 2014-2019 Susi Pudjiastuti.

Namun, saat ini Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo memilih untuk menghibahkan kapal illegal fishing hasil tangkapan itu kepada sejumlah kampus atau sekolah perikanan di Indonesia.

Baca Juga: 3 Kapal Vietnam di Natuna Berhasil Ditangkap Secara Dramatis

Hal ini dikatakan Edhy saat konferensi pers penangkapan tiga kapal berbendera Vietnam yang mencuri ikan di Laut Natuna Utara pada 30 Desember 2019 lalu.

Menurut Edhy, setelah mendapatkan putusan hukum tetap dari pengadilan, kapal tersebut sebaiknya dihibahkan ke kampus-kampus perikanan. Hal ini bertujuan untuk membantu mahasiswa kelautan dan perikanan ketika melakukan praktik lapangan.

Baca Juga: Menteri Edhy: Menkeu Setuju Kapal Sitaan Asing Dihibahkan ke Nelayan

"Karena banyak sekali kampus negeri yang membutuhkan kapal untuk praktik. Mereka selama ini masih menumpang (praktik) karena tak memiliki kapal. Kenapa tidak kita arahkan ke sana ketimbang ditenggelamkan?" ujarnya, Kamis (9/1/2020).

 Illegal Fishing

Sebelumnya, Edhy membantah anggapan yang berkembang bahwa dirinya tidak menjadikan pemberantasan illegal fishing sebagai prioritas.

“Di sini saya tegaskan bahwa KKP dan seluruh instansi terkait memiliki komitmen tinggi untuk menjaga Laut Natuna Utara dan wilayah perairan lainnya di Indonesia,” tegasnya.

Dalam kurun waktu tiga bulan menjabat, Edhy mengaku telah menangkap tujuh kapal ikan asing (KIA) ilegal yang terdiri dari satu kapal berbendera Malaysia, tiga kapal berbendera Filipina dan tiga kapal berbendera Vietnam.

Jumlah ini mengalami kenaikan dibanding periode yang sama yaitu antara Oktober-Desember 2018, yang hanya menangkap tiga kapal ikan asing ilegal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini