nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stasiun Tanah Abang hingga Senen Bakal Terintegrasi dengan Transportasi Lain

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 12:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 10 320 2151414 stasiun-tanah-abang-hingga-senen-bakal-terintegrasi-dengan-transportasi-lain-25RZjJxjR6.jpg Stasiun Kereta Bakal Terintegerasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda) menandatangani kerja sama membuat perusahaan patungan dengan nama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek di Kementerian BUMN Jakarta.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, skema permodalan awal PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek ini akan dibagi dari MRT dan KAI. Permodalannya dibagi 51% PT MRT dan 49% di PT KAI.

Baca Juga: 4 Stasiun Jadi TOD, KAI dan MRT Jakarta buat Perusahaan Patungan

"Dari 72 stasiun di Jabodetabek, empat stasiun terlebih dahulu yang akan menjadi Transit Oriented Development (TOD). Seperti Stasiun Juanda, Tanah Abang, Sudirman dan Senen. Dan akan jadi pada Maret 2020 nanti" ujar dia, Jumat (10/1/2020).

MoU KAI dengan MRT Jakarta

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, penandatanganan kerja sama ini, merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

"Jadi, arahan Presiden adalah untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi," kata dia.

Baca Juga: Hyperloop Mengancam Industri Penerbangan?

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, kerja sama ini dapat berjalan dengan baik. Ke depannya meliputi integrasi antar moda, pengembangan kawasan transit oriented development (TOD) dan penataan simpul transportasi.

"Semua itu jika dikelola dengan baik, saya yakin dampaknya bagi pengembangan kota akan sangat baik," pungkas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini