UEA Siap Investasi ke 16 Proyek di Indonesia

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 320 2152388 uea-siap-investasi-ke-16-proyek-di-indonesia-TS4NNescNw.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Kerja sama antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Indonesia menjadi yang terbesar di Indonesia. Apalagi, kerjasama ini terbilang cepat hanya memakan waktu 6 bulan.

UEA menggelontorkan sejumlah uang untuk berinvestasi pada beberapa proyek di Indonesia dengan UEA. Berdasarkan perkiraan, total investasi UEA sebesar USD22,89 miliar untuk 16 proyek.

"Seperti yang disampaikan Presiden (Jokowi), ini adalah deal terbesar mungkin dalam sejarah Indonesia yang disepakati, yaitu dengan Uni Emirat Arab. Hanya dalam waktu enam bulan. Ada yang satu yang sedang difinalisasi oleh Menteri BUMN yaitu Sovereign Wealth Fund (SWF). Yang masuk ke dalam (proyek) SWF ini adalah UEA, Softbank, IDFC dari Amerika Serikat dan tidak menutup kemungkinan ada pihak lain yang ikut bergabung," ujarnya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Luhut mengatakan, kerja sama ini berawal dari pertemuan antara Putra Mahkota Muhammad bin Zayed (MBZ) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada bulan Juli lalu. Dalam pertemuan itu MBZ mengatakan bahwa UEA ingin lebih banyak lagi ikut dalam pembangunan di Indonesia.

"Dari perbincangan tadi diungkap bahwa pihak UEA akan menjadi kontributor terbesar dalam proyek SWF di antara yang lainnya. Mungkin ini baru pertama kali terjadi, pihak-pihak yang bermodal besar bekerja sama dalam satu proyek," kata Menko Luhut.

Menko Luhut menyampaikan bulan depan MBZ, Masayoshi Son dan Adam Bohler dari IDFC akan bertemu lagi untuk pembicaraan finalisasi SWF bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Selengkapnya : UEA Gelontorkan USD22,89 Miliar, Menko Luhut: Investasi Terbesar dalam Sejarah Indonesia

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini