Lebih Baik Mana, Bos Garuda dari Internal atau Luar Perusahaan?

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 17:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 320 2155106 lebih-baik-mana-bos-garuda-dari-internal-atau-luar-perusahaan-QN16SQ6vpD.JPG Garuda Indonesia (Foto: Ilustasi Okezone)

JAKARTA - Garuda Indonesia akan memiliki Direktur Utama yang baru pada 22 Januari mendatang. Sejumlah nama baik internal diisukan akan mengisi kursi nomor satu perseroan.

Lantas manakah yang lebih baik? Dirut dari internal atau eksternal perusahaan?

Menurut Pengamat Penerbangan Gatot Raharjo, baik dari internal maupun eksternal Garuda memiliki plus minusnya masing-masing. Pada periode Direktur Utama Wiweko Soepono, 1968 hingga era Soepandi pada tahun 1998, Dirut Garuda berasal dari internal perusahaan.

Baca Juga: Tantangan Besar Erick Thohir Cari Bos Baru Garuda

Ada lima Dirut Garuda yang mengisi periode tersebut, yakni Wiweko Soepono (1968-1984), R.A.J Lumenta (1984-1988), Soeparno (1988-1992), Wage Mulyono (1992-1995) dan Soepandi (1995-1998).

"Sejarahnya Garuda dari berdiri sampai zamannya Dirut Wiweko Supono hingga Soepandi itu dari internal Garuda," ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Kilas Balik Dipecatnya Ari Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia

Setelah itu pada 1998, saat eranya Robby Djohan nama-nama dari eksternal mulai keluar masuk menjadi bos Garuda. Bahkan era sekarang yang mana pimpinan Garuda selalu selang-seling dari internal maupun eksternal namun hasilnya sama saja.

"Lalu setelah itu era Robby Djohan mulai dari eksternal dan kemudian selang-seling ekternal- internal. Dan hasilnya sama saja," ucapnya.

Menurut Gatot, selama ini belum ada Dirut Garuda yang membuat perubahan besar. Bahkan saat ini dalam peringkat startrek, Garuda dikalahkan oleh Singapore Airlines.

Baca Juga: Garuda Umumkan Pengganti Ari Askhara Rabu 22 Januari

"Belum ada yang benar-benar bisa membuat Garuda kokoh terbang tinggi, bahkan disalip sama Singapore Airlines sampai sekarang," ucapnya.

Oleh karena itu, mencari sosok bos baru Garuda menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Jika Erick Thohir berhasil mendapatkan bos baru Garuda yang baik, maka akan menjadi prestasi tersendiri bagi Erick.

 Baca Juga: Erick Thohir: Dirut dan Komut Garuda Bakal Dijabat Seseorang yang Menarik

"Jadi mencari Dirut Garuda bisa menjadi challengge bagi menteri BUMN. Jika dia bisa mencari pengganti yang pas, tentu akan jadi baik," kata Gatot.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini