nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekayaan 2.153 Miliarder Dunia Setara dengan 60% Populasi Global

Irene, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2020 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2156100 kekayaan-2-153-miliarder-dunia-setara-dengan-60-populasi-global-38HXuP6NkC.jpg Dolar (Reuters)

JAKARTA - Laporan berjudul "Time to Care" dari Oxfam mengatakan bahwa sebanyak 2.153 miliarder di dunia lebih kaya dari setidaknya 4,6 miliar orang atau 60% populasi secara global. Hal ini menunjukkan masih adanya ketidaksetaraan yang terjadi.

Melansir Business Insider, Selasa (21/1/2020), sebanyak 1% orang kaya memiliki kekayaan lebih dari dua kalinya kekayaan 6,9 miliar orang, atau hampir dari 90% populasi manusia di bumi. Sedangkan 22 pria terkaya di dunia yang dipimpin oleh CEO Amazon Jeff Bezos dan salah satu pendiri Microsoft Bill Gates, memiliki lebih banyak kekayaan daripada seluruh perempuan di Afrika.

 Baca juga: Sosok Hassan Jameel, Miliarder Arab Saudi yang Putus dari Rihanna

Peneliti Oxfam kemudian memaparkan pendorong utama masalah ini yaitu perempuan berbagai jenjang yang menghabiskan 12,5 miliar jam kerja keperawatannya tanpa bayaran setiap hari. Angka ini diperkirakan menyumbang USD10,8 triliun dalam ekonomi global setiap tahun, yang mana lebih dari tiga kali lipat ukuran industri teknologi global.

 Dollar

"Kesenjangan besar ini didasarkan kecacatan dan sistem ekonomi yang seksis yang menghargai kekayaan segelintir orang yang memiliki hak istimewa, kebanyakan adalah laki-laki, dan lebih dari miliaran jam pekerjaan yang paling penting - pekerjaan perawatan yang tidak dibayar dan kurang dibayar yang dialami terutama oleh perempuan dan anak perempuan di sekitar dunia," seperti yang tertulis dalam laporan.

 Baca juga: Punya Rp14 Triliun, Miliarder China Ini Masuk Daftar Orang Terkaya

Laporan ini juga memberikan beberapa usulan untuk mempersempit kesenjangan. Salah satunya yang paling kontroversial adalah, Akhiri kekayaan ekstrim untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim.

Para peneliti memperkirakan bahwa jika 1% orang terkaya membayar 0,5% pajak tahunan atas kekayaan yang mereka miliki selama dekade berikutnya, uang yang terkumpul akan dapat menciptakan 117 juta pekerjaan di bidang kesehatan, pendidikan dan perawatan untuk orang tua dan anak-anak.

 Baca juga: Kata-Kata Martin Luther King Jr yang Berbekas di Pikiran Warren Buffett

Sementara itu, seruan pajak lebih tinggi yang diterapkan pada orang kaya juga mengundang banyak dukungan. Diantaranya oleh kandidat presiden dari Partai Demokrat Senator Bernie Sanders, Senator Elizabeth Warren dan Rep Firebrand, Rep Alexandria Ocasio-Cortez.

Tidak hanya itu, baru-baru ini Bill Gates juga berpendapat. "Orang kaya harus membayar lebih," katanya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini