nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Pede Ekonomi 2019 di 5,1%, Ini Alasannya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 15:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 23 20 2157212 bi-pede-ekonomi-2019-di-5-1-ini-alasannya-dDD2EMnUPf.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Youtube BI)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan. Di mana, adanya perbaikan ekspor dan konsumsi rumah tangga yang tetap baik.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perbaikan ekspor didorong kenaikan permintaan mitra dagang dan harga beberapa komoditas ekspor utama. Produk ekspor seperti ekspor batubara, kendaraan bermotor, besi dan baja, serta biji logam dan sisa logam mencatat pertumbuhan positif pada kuartal IV-2019.

 Baca juga: BI: Siklus Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

"Pertumbuhan ekonomi keseluruhan tahun 2019 dapat mencapai sekitar 5,1% dan meningkat dalam kisaran 5,1-5,5% pada tahun 2020," ujarnya usai RDG BI, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Secara spasial, lanjutnya, ekspor biji nikel dari Sulawesi dan ekspor tembaga dari Nusa Tenggara Barat juga meningkat. Konsumsi rumah tangga tetap terjaga, ditopang keyakinan konsumen yang mulai meningkat dan faktor musiman jelang akhir tahun.

 Baca juga: Sri Mulyani Antisipasi Dampak Virus Korona ke Perekonomian Indonesia

Sementara itu, investasi terus membaik, termasuk secara spasial didorong investasi terkait hilirisasi nikel di Sulawesi. Beberapa indikasi kenaikan investasi tercermin pada peningkatan Purchasing Manager Index Manufaktur dan indikator dini lain terkait penjualan ekspor dan penjualan domestik.

"Peningkatan investasi diprakirakan berlanjut didorong pembangunan infrastruktur serta kenaikan keyakinan pelaku usaha sebagai dampak peningkatan ekspor dan kemudahan iklim berusaha," ujarnya.

 Baca juga: Ada Kasus Jiwasraya, KSSK Sebut Stabilitas Ekonomi Tetap Terjaga

Menurutnya, hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah termasuk implementasi Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini