BI: Siklus Ekonomi Indonesia Sudah Lewati Titik Terendah

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 23 20 2157210 bi-siklus-ekonomi-indonesia-sudah-lewati-titik-terendah-KeY8XnI9ic.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menilai kondisi ekonomi Indonesia tahun ini akan mengalami peningkatan. Saat ini, Indonesia telah melewati titik terendah dalam siklus ekonomi dan akan terus mengalami peningkatan.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, dalam merumuskan kebijakan BI selalu mencermati naik turunnya siklus ekonomi dan siklus keuangan. BI juga melakukan analisis terhadap pergerakan siklus ekonomi dan keuangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga; Ada Kasus Jiwasraya, KSSK Sebut Stabilitas Ekonomi Tetap Terjaga

“Di Indonesia saat ini siklus ekonomi sudah melewati titik terendah dan terus mengalami peningkatan, siklus ekonomi ini yang mencerminkan bagaimana dinamika ekonomi kita dan itu juga sejalan dengan berbagai perkembangan baik dari dalam dan luar negeri,” kata Perry di Gedung BI, Kamis (23/1/2020).

Perry menjelaskan, dari eksternal siklus ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti naik turunnya harga komoditas dunia. Faktor lainnya adalah pola pertumbuhan ekonomi dunia. Untuk faktor eksternal, saat ini dari sisi harga komoditas maupun ekonomi dunia membaik.

Baca juga: BI hingga Kemenkeu Sebut Stabilitas Keuangan Indonesia Terkendali di Kuartal IV-2019

“BI perkiraan siklus ekonomi kita naik, dan ini kenapa di 2020 kami perkirakan 5,1%-5,5%, titik tengah kita 5,3%,” kata dia.

Ekonomi Indonesia, lanjut Perry, juga didorong oleh beberapa hal dari dalam negeri. Antara lain tingkat konsumsi yang terjaga, investasi infrastruktur tumbuh hingga investasi non bangunan yang juga mengalami peningkatan.

“Demikain juga kebijakan di sektor riil yang jadi fokus utama apakah manufaktur, pariwisata itu juga akan mendorong ekonomi kita naik. Jadi siklus ekonomi kita akan mengarah ke sana,” ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini