nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Bisnis Jus? Pemilihan Buah yang Paling Penting!

Irene, Jurnalis · Minggu 26 Januari 2020 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 26 320 2158559 mau-bisnis-jus-pemilihan-buah-yang-paling-penting-osj9EUO5lx.jpg Ilustrasi Jus Buah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Buah digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan kaya akan berbagai vitamin yang penting bagi tubuh. Banyaknya informasi yang mengupas tentang manfaat membuat permintaan akan buah dan produk olahannya jus terus mengalami peningkatan. Lantas bagaimana jika menjadikan olahan buah sebagai ladang bisnis?

Melansir buku "19 Inspirasi Bisnis Minuman dan Aneka Snack" karya Yuyun Anwar, Jakarta, Minggu (26/1/2020), ada lima hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis menjual jus buah lebih sistematis. Mulai dari stok buah hingga metode penjualannya.

Baca Juga: Jadikan Usaha Kue Klepon Lebih Bernilai, Begini Caranya

Yang pertama adalah memperhatikan keberadaan buah musiman. Buah seperti durian, lengkeng dan mangga sering menjadi kendala karena keberadaan dan harga buah tidak stabil. Untuk tampil beda, anda bisa menyimpan buah musiman ini di freezer agar awet. Sehingga kekecewaan konsumen dapat dihindari apabila permintaan terhadap buah tersebut datang.

Yang kedua adalah mensiasati buah yang cepat membusuk dengan memilih buah yang berumur tua, sehingga tidak akan terlalu cepat matang dalam beberapa hari. Sedangkan yang ketiga adalah memperhatikan harga jus buah. Sesuaikan harga jual jus dengan jumlah variasi buah dan jenis buah.

Baca Juga: 9 Jurus Jitu Bisnis Minuman dan Snack

Cara mensiasati harga jus yang murah adalah dengan memilih jenis buah yang murah juga, misalnya memilih mangga yang agak asam atau memilih apel yang berukuran kecil. Setelah itu yang keempat adalah menggunakan kemasan menarik.

Jus buah harus dikemas dalam wadah gelas plastik yang ditutup rapat agar tidak mudah tumpah. Kelebihannya adalah pembeli dapat menikmati jus dimana pun dengan hanya melubangi bagian atas gelas plastik dengan sedotan.

Kemudian yang terakhir adalah memperhatikan metode penjualan. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan jus buah kemasan ke dalam lemari pendingin. Setelahnya jus buah kemudian dapat dibawa jualan berkeliling atau dititipkan di toko-toko.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini