nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasang Kupon 6,3%, Pemerintah Cari Utang Lewat SBR009

Irene, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 20 2158984 pasang-kupon-6-3-pemerintah-cari-utang-lewat-sbr009-DaWCaE6YBe.jpg keuangan (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan Republik Indonesia hari ini membuka penawaran Saving Bond Ritel (SBR) seri 009. Masa penawaran ini dibuka selama 2 minggu lamanya terhitung dari tanggal (27/1/2020) hingga (13/2/2020).

Melansir laman resmi Kementerian Keuangan, Senin (27/1/2020), Saving Bond Ritel (SBR009) menawarkan kupon mengambang sebesar Rp6,3% dengan tingkat kupon minimal.

 Baca juga: Pemerintah Cari Utang Rp27,35 Triliun dari SBSN, Ini Alokasinya

Mengambang artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perusahaan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Sedang, kupon minimal artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

SBR009 adalah alternatif investasi aman, terjangkau, mudah, dan menguntungkan yang difasilitasi Pemerintah secara langsung. Dengan berinvestasi dalam SBR009, para investor sudah ikut berperan aktif dalam pembangunan negeri.

 Baca juga: Swasta dan Pemerintah Tarik Utang Luar Negeri, Untuk Apa?

Dana investasi yang terkumpul dari SBR009, nantinya akan dipergunakan untuk pembiayaan APBN 2020, di antaranya untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Investasi melalui SBR009 juga memberikan anda berbagai keuntungan.

Investasi SBR009 dijamin oleh negara dan memiliki fasilitas Early Redemption, yang mana merupakan fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR009 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.

Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Tambah 8,3% Jadi Rp5.499 Triliun

Namun fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi. Tidak hanya itu jumlah maksimal yang dapat diajukan dari Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan.

Dengan hanya memiliki uang Rp1 juta, anda sudah dapat berinvestasi melalu SBR009 ini. Selain itu, keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah kupon 6,30% mengambang dan minimal.

Mitra distribusi yang nantinya dapat dipilih para calon investor, antara lain OCBC Nisp, DBS, Bahana Sekuritas, Modalku, Maybank, Panin Bank, Invisee, Trimegah Securities, UOB, Investree, Bareksa.com, Commonwealth Bank, BNI, Mandiri, Tanamduit, Bank BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, HSBC, Mandiri Sekuritas, Danamon, Bank BRI, Danareksa Sekurits, BCA.

Alur pendaftarannya pun dapat dibilang mudah. Dimulai dengan registrasi, kemudian pemesanan, pembayar dan yang terakhir konfirmasi. Untuk informasi selengkapnya anda dapat mengunjungi laman resmi SBR009 Kementerian Keuangan.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini