nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendung Sabo Dam Kali Woro Siap Tahan Aliran Erupsi Gunung Merapi

Irene, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 16:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 320 2158990 bendung-sabo-dam-kali-woro-siap-tahan-aliran-erupsi-gunung-merapi-jg00LIkEAT.jpg Bendungan Sabo Dam (IG: PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali memperlihatkan kinerja nyatanya. Kali ini Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono memperkenalkan Bendung Sabo Dam Kali Woro yang telah rampung pembangunannya.

Melansir unggahan Instagram resmi Kementerian PUPR, Senin (27/1/2020), bendung Sabo Dam Kali Woro yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini merupakan bendung yang digunakan untuk menampung aliran sedimen atau aliran debris (serpihan) di sungai yang menjadi arah aliran erupsi Gunung Merapi.

 Baca juga: 3 Bendungan Multiguna Siap Dialiri Tahun Ini

Selain itu kehadiran bendung Sabo Dam Kali Woro ini diharapkan dapat menahan dan mengurangi kecepatan aliran lahar yang membawa material vulkanik. Tidak hanya itu bendung ini juga digadang dapat meminimalisir risiko bencana banjir lahar di hilir sungai Woro Gunung Merapi.

Sejak tahun 2016 hingga 2018 silam, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah melakukan pembangunan 11 sabo baru. Rehabilitasi tanggul sepanjang 5,9 km dan 11 Sabo Dam pada aliran Sungai Woro juga telah terlaksana.

 Baca juga: Bendungan Paselloreng Rampung, Netizen Nilai Mirip Sirkuit

Sebagai informasi, pembangunan Sabo Dam sejak 2018 lalu merupakan buah kerjasama antara Indonesia dan Jepang dalam pengendalian banjir lahar. Teknologi infrastruktur Sabo Dam di Indonesia pun menjadi yang terbaik ke-2 setelah Jepang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini