nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank Dunia Sebut 115 Juta Orang Indonesia Rentan Miskin Lagi

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 14:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 30 20 2160673 bank-dunia-sebut-115-juta-orang-indonesia-rentan-miskin-lagi-DbFI8VKB8N.jpg World Bank (Reuters)

JAKARTA - Bank Dunia mencatat angka kemiskinan Indonesia mengalami penurunan. Namun penuruan itu belum membuat orang miskin ini naik menjadi kelas menengah.

World Bank Acting Country Director untuk Indonesia, Rolande Pryce mengatakan ada 115 juta orang Indonesia yang sulit menjadi kelas menengah atau rentan kembali miskin.

 Baca juga: Aceh Jadi Provinsi Termiskin di Sumatera, Jumlah Penduduk Miskinnya 810.000 Orang

"Ada 115 juta orang Indonesia tidak lagi miskin. Tapi mereka belum menjadi bagian dari kelas menengah," ujar dia di Energy Building Jakarta, Kamis (30/1/2020).

 World Bank

Maka itu, lanjut dia Bank Dunia telah merekomendasikan pemerintah untuk mengadopsi kebijakan yang tepat untuk mereka masuk ke kalangan menengah. Pasalnya permintaan dari kelas menengah dapat mendorong pertumbuhan.

 Baca juga: Angka Kemiskinan Indonesia Terus Turun Sejak 2015

"Mereka adalah sumber dari hampir setengah total pengeluaran rumah tangga di Indonesia. Selain itu, mereka juga berinvestasi lebih banyak dalam sumber daya manusia. Dengan kebijakan yang tepat bisa membuka potensi pembangunan dan mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi," ungkap dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini