Swedia Deportasi Tenaga Kerja Asing di Bidang Teknologi, Kenapa?

Senin 03 Februari 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 320 2162729 swedia-deportasi-tenaga-kerja-asing-di-bidang-teknologi-kenapa-opfS56YhRT.jpg Industri 4.0 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Mempertahankan tenaga kerja asing yang sangat terampil sangat penting bagi negara-negara seperti Swedia. Tetapi ketika seorang pekerja yang dideportasi menuntut negara, maka catatan penolakan negara yang paham teknologi menjadi sorotan.

Ali Omumi sudah membeli sebuah apartemen dan sebuah mobil, mengikuti kursus bahasa Swedia, mendaftarkan anaknya di tempat penitipan anak dan bahkan sudah meningkatkan keterampilan bermain ski untuk menyambut temperatur beku.

Baca Juga: Wabah Virus Korona, Pekerja Indonesia di Luar Negeri Diimbau Tetap Tenang

Akan tetapi sekalipun keluarganya telah datang ke Swedia lebih dari tiga tahun, dan fakta bahwa dirinya digaji tinggi sebagai pegawai senior di salah satu perusahaan listrik dan teknologi terkemuka, Ali Omumi diperintahkan untuk meninggalkan negara itu.

"Ini membuat saya sangat frustrasi, untuk istri saya ini adalah awal dari depresi yang mendalam," keluh spesialis penjualan teknik, yang berasal dari Iran seperti dilansir BBC Indonesia, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Baca Juga: Ini 10 Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Orang yang Tak Ingin Stres

Omumi, yang saat itu berusia 38 tahun, diberikan perintah terakhir untuk segera meninggalkan negara itu pada tahun 2018 setelah tidak berhasil mengajukan banding atas keputusan Swedish Migration Agency.

Para pejabat menolak pendaftaran perpanjangan izin kerja berdasarkan kesalahan administratif yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak yang sebelumnya telah mempekerjakannya, yaitu gagal menunjukkan data pertanggungan yang benar.

"Deportasi membuat saya merasa' 'Saya seorang kriminal' - sementara saya tahu betul bahwa saya bukan kriminal. Saya datang untuk bekerja dan membayar pajak, dan saya membawa pengalaman dan uang saya."

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini