nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendiri Alibaba Beli Salah Satu Klub Basket NBA

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 15:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 06 320 2164401 pendiri-alibaba-beli-salah-satu-klub-basket-nba-6JSwC8Rj8i.jpg Clara Wu Tsai dan Joseph Tsai. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Salah satu pendiri Alibaba, Joseph Tsai membeli saham di Brooklyn Nets, klub basket yang bermain di National Basketball Association. Pembeliannya karena daya tarik bola basket terus meningkat di seluruh dunia.

“Basket adalah olahraga global karena mudah diakses. Saat ini basket sedang digandrungi kaum muda. Penggemar basket terdapat di seluruh dunia, mulai dari China hingga Amerika Serikat (AS). Hal ini membentuk ikatan yang mendalam atas fenomena budaya ini, yang dipimpin oleh NBA dan bintang-bintangnya," ujar Joseph Tsai, dilansir dari Forbes pada Kamis (6/2/2020).

Baca Juga: Alibaba Raup Rp181,7 Triliun dari IPO di Hong Kong

Tsai adalah pemegang saham individual terbesar kedua Alibaba setelah Jack Ma. Kekayaan bersihnya sebesar USD11,5 miliar setara Rp157,04 triliun (kurs Rp13.656 per USD). Saat saham Alibaba melonjak tahun lalu, kekayaan bersih Tsai naik seperlima.

Tsai bergabung dengan Alibaba pada tahun 1999 sebagai kepala keuangan pertama. Tsai, yang juga warga negara Kanada, telah menjabat sebagai chief operating officer Alibaba dan anggota dewan pendiri Alibaba.

Baca Juga: Alibaba IPO di Bursa Hong Kong

Pada September lalu, Tsai menyelesaikan pembelian Brooklyn Nets dan Barclays Center dari miliarder Rusia Mikhail Prokhorov. Dia membelinya senilai USD3,3 miliar setara Rp45,06 triliun.

Di awal tahun ini, dia menambahkan tim bola basket wanita New York Liberty ke dalam portofolio olahraganya. Walau begitu, dia tetap menjadi investor di tim Major League Soccer Los Angeles FC. Dia juga pemilik San Diego Seals, yang bermain di National Lacrosse League.

Tsai memegang gelar sarjana dalam bidang ekonomi dan studi Asia dari Universitas Yale. DIrinya menyumbangkan USD30 juta setara Rp409,68 miliar untuk Yale Law School pada 2016. Dia juga berdonasi untuk mendukung sekolah hukum China Center.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini