nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berstatus Internasional, Bandara Komodo Tampung 5 Juta Penumpang

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2164823 berstatus-internasional-bandara-komodo-tampung-5-juta-penumpang-IoDvr1z4iX.jpg Bandara Komodo Labuan Bajo. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Bandara Komodo Labuan Bajo akan berstatus bandar udara internasional mulai Juni 2019. Hal ini seiring pengembangan bandara oleh konsorsium PT Cinta Airport Flores (CAF) dengan nilai investasi Rp1,2 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengembangan bandara membuat kapasitas penumpang meningkat. Bandara Komodo bisa menampung hingga 5 juta penumpang.

"Kapasitas kami rencankan paling tidak untuk 5 juta dari sekarang ini paling 1,5-2 juta," ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (6/2/2020).

Baca Juga: Telan Rp1,2 Triliun, Pengembangan Bandara Komodo di Labuan Bajo Segera Dimulai

Menurut Budi, pengembangan bandara mencakup juga penambahan panjang runway, dari 2.250 m x 45 m menjadi 2.700 m x 45 m. Kemudian pengembangan terminal kargo, pengembangan dan ekspansi terminal penumpang domestik dan internasional, pengembangan area komersial, parkir dan fasilitas pendukung lainnya, serta pengoperasian dan perawatan baik airside maupun groundside.

"Runway bertahap kami harpakan sebagaian selesai pada juli kemudian diteruskan lagi. Pertama kali dari 2.450 menjadi 2.600 setelah itu 2.700 atau 2.750," ucapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Harap Semua Bandara Makin Banyak Traffic

Budi pun berharap dengan pengembangan bandara ini, jumlah turis asing yang datang bisa lebih besar. Sebab dengan status internasional lebih mempermudah maskapai asing untuk terbang langsung ke Pulau Komodo dan Labuan Bajo.

Di sisi lain, dirinya juga meminta investor untuk serius dalam mengembangkan bandara ini. Bahkan dirinya meminta agar bandara mulai dibenahi dengan memasang dekorasi ataupun perbaikan pelayanan menyusul akan ada perubahan status menjadi internasional

"Saya harapkan investor itu melakukan dengan serius dan saya minta dukungan pak Menteri Pariwisata untuk melakukan suatu effort tertentu baik promosi maupun memberikan dekorasi warna dari Labuan Bajo," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, pengembangan bandara ini merupakan salah satu momen yang luar biasa untuk menarik wisatawan ke kawasan Labuan Bajo. Apalagi, kawasan Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata dari 5 destinasi super prioritas yang akan dibangun.

"Seperti yang pak Menteri Perhubungan sampaikan ini adalah suatu momen yang penting khususnya untuk labuan Bajo karena Labuan Bajo adalah salah satu dari destinasi super prioritas yang kami harapkan Denan adanya Airport Komodo yang nantinya akan direnovasi dan diperbaiki segala macam sesuatunya. Ini akan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke Indonesia khususnya Labuan Bajo dan saya fikir ini adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan destinasi Labuan Bajo ke depan," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini