nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Penumpang Kereta Api Terus Meningkat Setiap Tahun

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 320 2165149 jumlah-penumpang-kereta-api-terus-meningkat-setiap-tahun-hC8jxCpGiR.jpg Kereta Api (Foto: Okezone)

INDRAMAYU - Jumlah pengguna jasa transportasi kereta api setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tren positif ini menunjukkan masyarakat mulai merasa puas menggunakan kereta api.

Dirut PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro menyebutkan, pada tahun 2018 jumlah penumpang kereta api tercatat sebanyak 425 juta penumpang. Sedangkan di tahun 2019 jumlahnya mencapai angka 432 juta penumpang.

"Kereta api ini di tahun 2018 sudah ngangkut 425 juta penumpang. Tahun 2019 naik 432 juta, " kata Edi saat ditemui Okezone, di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Jumat (7/2/2020).

 Baca Juga: KAI Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA, Minat?

Diterangkan Edi, dengan bertambahnya jumlah penumpang setiap tahun, maka peningkatan pelayanan harus terus dilakukan. Hal ini agar para penumpang tetap merasa nyaman dan senang.

Edi mengatakan, PT KAI saat ini tengah menata ulang sejumlah stasiun di Indonesia. Penataan bertujuan untuk menambah fasilitas dan mempercantik tampilan stasiun.

"Nampaknya masyarakat sudah menikmati fasilitas dari kereta api. Kita mulai melakukan penataan dan perbaikan di stasiun besar. Peningkatan jumlah penumpang luar biasa tajam. Sehingga fasilitas harus ditingkatkan, " ujar Edi.

Dijelaskan Edi, salah satu stasiun yang telah ditata ulang adalah Stasiun Jatibarang. Stasiun tersebut awalnya memiliki kesan kumuh dan kotor, karena sebelumnya di dekat stasiun itu terdapat pasar sayur.

 Baca Juga:  Menhub: Masyarakat Senang Gunakan Kereta Api

Edi mengungkapkan, sejumlah fasilitas terbaru ditambahkan di Stasiun Jatibarang. Fasilitas itu di antaranya ruang loket, ruang customer service (CS), ruang tunggu, perluasan area parkir, taman, kanopi drop off dan lainnya. Bahkan, peron yang ada di dalam stasiun diperpanjang sehingga mampu menampung sampai 16 rangkaian kereta.

Edi sendiri berharap setelah adanya penataan ulang di setiap stasiun di Indonesia, masyarakat bisa lebih nyaman dalam menggunakan kereta api sebagai alat transportasi. Dirinya juga berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpang.

"Ini stasiun tipe c. Kita bisa lihat peningkatan pelayanan sekarang. Mudah-mudahan ini nyaman untuk calon penumpang," ucap Edi.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini