nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hary Tanoe: Pasar Modal Berperan Penting Menopang Perekonomian

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 19:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 278 2167487 hary-tanoe-pasar-modal-berperan-penting-menopang-perekonomian-cj0RCX4NSP.jpg Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (Foto: Okezone/Yohana Artha Uly)

JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menyatakan, pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Menurutnya, sebuah negara tak bisa hanya mengandalkan pendanaan dari perbankan untuk mendorong perekonomian, tapi juga perlu dari pasar modal.

Hal itu disampaikan Hary dalam acara acara Investor Gathering & Corporate Forum 2020 yang digelar MNC Sekuritas di iNews Tower, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

 Baca juga: Lewat Aplikasi Digital, Hary Tanoe Yakin MNC Life Bisa Go International

"Pasar modal itu sangat penting untuk membangun ekonomi, pasti akan diupayakan untuk berkembang guna menopang perekonomian," ujarnya.

Dia menyatakan, umumnya negara dengan perekonomian yang maju pasti memiliki pasar modal yang juga berkembang baik. Seperti halnya yang terjadi di Amerika Serikat dengan pasar saham Wall Street.

 Baca juga: Manager Forum MNC Group, Hary Tanoe dan Sofyan Djalil Beri Pandangan soal Pertanahan Indonesia

Sebaliknya, negara yang tidak memiliki pasar modal pasti akan mengalami kesulitan untuk mendorong perekonomiannya. "Negara yang tidak bangun pasar modal, pasti akan tertinggal (ekonominya)," kata Hary.

Meski demikian, Hary tak menampik pasar modal Indonesia sangat dipengaruhi oleh pergerakkan ekonomi global. Saat ini ekonomi global penuh dengan ketidakpastian, terlebih di dorong dengan adanya wabah virus korona atau virus covid-19 di China yang berimbas pada kondisi perekonomian negara tersebut.

 Baca juga: Hary Tanoe: Pemerintah Perlu Bentuk Venture Capital Lokal untuk Suntik Startup Indonesia

Namun, dirinya masih optimistis dengan perkembangan ekonomi di tahun 2020 akan mengalami pemulihan. Menurutnya, pemerintah tengah serius untuk mendorong masuknya investasi ke dalam negeri yakni melalui omnibus law cipta lapangan kerja dan perpajakan.

"Terlepas daripada faktor eksternal, di internal (dalam negeri) Pak Jokowi sangat berbeda. Seperti dengan adanya omnibus law, itu akan banyak sekali memudahkan investasi," ujarnya.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina menambahkan, pasar modal Indonesia memang sangat dipengaruhi oleh faktor global dan internal. Oleh sebab itu, setiap perkembangan yang ada perlu dicermati oleh para investor karena berpotensi menyebabkan efek domino.

"Investor yang handal akan mampu beradaptasi dan mempersiapkan diri dalam kondisi apapun," katanya.

Oleh sebab itu, untuk membekali investor mengenai perkembangan ekonomi terkini, MNC sekuritas menggelar investor gathering. Perseroan memiliki 75.000 nasabah hingga Januari 2020, yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dengan basis nasabah yang luas dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, acara ini menjadi ajang pertemuan antara manajemen dan praktisi pasar modal dengan nasabah sehingga dapat memperkaya wawasan nasabah mengenai prediksi ekonomi khususnya saham pada tahun ini," jelas Susy.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini