Erick Thohir Kritik Telkom, Telkomsel Diusulkan Jadi BUMN

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 320 2167362 erick-thohir-kritik-telkom-telkomsel-diusulkan-jadi-bumn-S9jsKHpApd.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut dividen PT Telekomunasi Indonesia Tbk (Telkom) sebagian besar disumbang oleh Telkomsel yang merupakan anak usahanya. Maka itu, dirinya ingin Telkom lebih baik tidak ada dan Telkomsel dijadikan sebagai BUMN.

"Enak sih Telkom-Telkomsel dividen revenue digabung hampir 70%. Jadi mendingan tidak ada Telkom dan langsung saja Telkomsel ke BUMN. Dividennya jelas," ujar dia di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

 Baca juga: Beli Menara Indosat, Saham Telkom Turun Rp20

Menurut dia Telkom harus mengubah core bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan milik negara lainnya. Dan dirinya ingin perusahaan pelat merah tersebut harus memiliki database big data seperti halnya Alibaba.

"Oleh karena itu, kita mau Telkom berubah ke arah salah satunya ke database big data, cloud. Masa cloud-nya dipegang Alibaba Cloud (Alicloud). Masa database kita diambil negara lain?" ungkap dia.

 Baca juga: Anak Usaha Telkom Beli 2.100 Menara Indosat Senilai Rp4,4 Triliun

Dia menjelaskan, suatu BUMN harus memberikan sumbangsih pendapatan kepada negara. Pasalnya, selain pajak sektor andalan untuk pendapatan negara adalah dividen.

"Suka tidak suka kontribusi BUMN ke Indonesia luar biasa dan model BUMN ini memang tidak di semua negara ada. Amerika tidak ada. Namun apabila kita lihat China ada, atau pun perusahaan negara di Norwegia ada yang BUMN," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini