nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tipe-Tipe Rumah Mungil, Perencanaan Bikin Mudah Ditata

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 12:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 15 470 2168836 tipe-tipe-rumah-mungil-perencanaan-bikin-mudah-ditata-a16JvugRbg.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Rumah mungil kini sedang menjadi tren di masyarakat, terutama di kota-kota besar. Walaupun rumah mungil terlihat sama saja, ternyata ada beberapa tipe rumah mungil.

Ada dua tipe rumah mungil berdasarkan penggunaannya, yaitu rumah yang telah dirancang dan direncanakan dengan matang dan rumah mungil tumbuh.

Baca juga:Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Bambu Laminasi, Apa Itu?

Seperti dikutip dari buku 'Merancang Rumah Mungil' karya Choirul Amin dan Nuris Setiawan yang terbit tahun 2006, tipe rumah yang telah dirancang dan direncanakan dengan matang lebih mudah ditata sesuai kebutuhan penghuni rumah. Hal ini dikarenakan penghuni rumah sudah merencanakan dengan matang rumah yang akan dibangunnya, baik dari gaya rumah hingga penataan interior.

Untuk tipe ini, biasanya luas lahan yang dimiliki terbatas. Oleh karena itulah rumah tipe ini susah dikembangkan ruangannya.

Baca juga: Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Di lain hal, tipe rumah mungil tumbuh adalah rumah yang dirancang dan direncanakan secara bertahap. Mereka akan mengembangkan kembali rumahnya sesuai perkembangan jumlah penghuni, aktivitas penghuni, kebutuhan dan efisiensi ruang.

Biasanya rumah tipe ini memiliki lahan yang lebih luas daripada tipe sebelumnya. Maka dari itu, rumah tipe ini lebih mudah dalam penataan interior. Hal ini disebabkan pemilik rumah dapat mengembangkan rumahnya sesuai yang diinginkan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini