Share

Manfaat Rumput bagi Rumah, Ciptakan Suasana Santai

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Okezone · Sabtu 15 Februari 2020 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 470 2168996 manfaat-rumput-bagi-rumah-ciptakan-suasana-santai-wXDpT0bAQa.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Adanya ruang hijau atau taman di rumah dapat membuat penghuninya lebih santai dalam kehidupan sehari-hari. Rumah jadi sejuk dilihat dan udaranya segar.

Seperti diketahui, rumah saja tidak bisa memberikan kontribusi terhadap kesehatan penghuninya. Ruang-ruang menjadi apek dan lembab karena tak ada cukup pergerakan udara. Jika memiliki taman, walaupun kecil dengan rumput yang menghijau, tentunya kesehatan dan suplai oksigen akan lebih baik.

Seperti dikutip buku '22 Ide & Konsep Desain Rumah dan Taman' karya Probo Hindarto yang terbit pada 2009, rumput dapat menunjang kesehatan manusia karena menghasilkan antibiotik yang dibutuhkan tubuh. Rumput juga memberikan suasana segar di sekitar area rumah.

Baca juga:Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Bambu Laminasi, Apa Itu?

Tumbuhan rumput yang menghampar di taman dapat menggantikan kesan kosong dan tidak terawat pada halaman rumah. Lahan yang hanya tanah saja kurang menarik jika dibandingkan dengan halaman rumah yang ada rumput.

Rumput dan tanaman juga memberikan lebih banyak oksigen di area rumah. Hal ini disebabkan rumput juga memproduksi oksigen dalam proses fotosintesis.

Manfaat lain dari adanya rumput yaitu dapat menjadi penyubur tanah yang efektif sehingga kita turut menjaga lingkungan dengan menanam rumput. Rumput dapat menutupi tanah dan mencegah pengikisan tanah oleh erosi, misalnya pada waktu hujan rumput dapat membantu menyerap air ke tanah. Apabila semua rumah memiliki rumput di halamannya, maka kemungkinan banjir di sekitar dapat berkurang.

Baca juga: Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat taman rumput adalah letak taman rumput pada saat proses mendesain rumah. Kita dapat meletakkan taman di depan, belakang, atau di tengah bangunan.

Taman dengan rumput akan baik jika dipadukan dengan akses menuju ruang-ruang bersama. Artinya, kita bisa meletakkan taman di dekat ruang makan atau ruang keluarga.

Menanam rumput agak rumit karena butuh perawatan. Namun perawatan rumput pun tak sulit, yaitu hanya dengan menyiraminya dan memberinya pupuk. Rumput dapat dibeli dari penjual tanaman hias dan biasanya dijual per meter persegi. Macam rumput juga bervariasi, yang populer adalah rumput Jepang dan rumput gajah. Cara menanamnya pun cukup mudah, yaitu dengan menempelkannya pada tanah yang sebelumnya sudah dibersihkan, digemburkan, dan diberi pupuk.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini