Benoa Siap Jadi Pelabuhan Kelas Dunia

Irene, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 320 2169181 benoa-siap-jadi-pelabuhan-kelas-dunia-JZDIb5Cznl.jpeg Ilustrasi Pelabuhan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Komisi VI DPR RI, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Kepala BKPM, Bang Bahlil Lahadalia, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama melakukan rapat koordinasi (rakor) rencana pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyelami ide-ide dan meminta masukan agar nantinya pembangunan Pelabuhan Benoa dapat berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Dinilai Terlalu Murah, Pengusaha Angkutan Penyeberangan Minta Kenaikan Tarif

"Tujuan utama dari rakor ini adalah untuk belanja ide dan meminta masukan, sehingga pembangunan Pelabuhan Benoa bisa berjalan dengan baik," tulis Erick Thohir dalam unggahan Instagramnya, seperti dikutip Okezone, Minggu (16/2/2020)

Selain itu, dari diadakannya rapat koordinasi yang berlangsung selama dua hari ini, Erick Thohir berharap Pelabohan Benoa dapat menjadi pelabuhan yang berkelas dunia dan dapat meningkatkan industri pariwisata Indonesia. Tidak hanya itu, pembangunan pariwisata ini juga diharapkan dapat membawa dampak untuk masyarakat dan membanggakan Indonesia.

Baca Juga: Antisipasi Virus Korona, Kemenhub Keluarkan Surat Edaran Pengawasan di Pelabuhan

Rapat koordinasi kemudian disebutkan Erick Thohir mencapai kesepakatan bahwa sudah waktunya Indonesia memiliki pelabuhan kelas dunia yang tetap mengutamakan aspek ramah lingkungan dan menambah pendapatan masyarakat lokal.

"Alhamdulillah hasil rakornya semua sepakat dan mendukung bahwa sudah saatnya Indonesia sebagai negara kepulauan dan Bali yang juga merupakan detak jantung pariwisata Indonesia memiliki world class port yang tetap memperhatikan aspek eco-friendly dan menciptakan add value bagi masyarakat lokal," tambah Erick.

Melalui pembangunan ini, nantinya di area Benoa akan dilengkapi berbagai fasilitas kelas dunia. Di antaranya adalah terminal cruise, teater, restoran, area perikanan, area bersepeda, museum mangrove, ecotourism, marine exhibition, retail UMKM dan pasar seni, monumen ikonik, area perkantoran, tempat ibadah dan yacht club.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini