nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Ada Kepala Daerah yang Belum Serahkan Kewenangan Investasi ke BKPM

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 19 320 2170833 masih-ada-kepala-daerah-yang-belum-serahkan-kewenangan-investasi-ke-bkpm-Khf9g0PdbC.jpg Investasi (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut pihaknya telah mendapatkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

Menurut dia, melalui Inpres itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendelegasikan kewenangan perizinan berusaha dan pemberian fasilitas investasi kepada Kepala BKPM. Namun ada beberapa hambatan investasi di daerah.

Baca Juga: Akan Terbang ke India, Ini yang Dilakukan Mendag

"Jadi, dengan adanya inpres tersebut maka seluruh izin yang ada pada dinas, bupati walikota dilimpahkan kepada PMPTSP supaya investasi bisa berjalan dengan cepat," ujar dia di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Namun, lanjut dia, ada kepala daerah di Kalimantan yang belum bersedia serahkan kewenangannya kepada BKPM.

"Ada gubernur yang belum bersedia menyerahkan kewenangan perizinan tersebut. Padahal untuk daerah dilimpahkan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP)," ungkap dia.

Baca Juga: Persiapkan World Expo Dubai 2020, Presiden Jokowi: Jadikan Ini Jembatan Perekonomian

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyerahkan kewenangan pemberian insentif kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Hal itu diharapkan dapat menarik investasi masuk ke Indonesia akan lebih banyak lagi.

"Investasi yang masuk ke Indonesia ini akan berdampak besar bagi laju pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2020 yang penuh ketidakpastian global," ujar dia di Kantor BKPM Jakarta.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini