Cara Menhub Percepat Perizinan bagi Pengusaha Pelabuhan

Vania Halim, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 320 2172562 cara-menhub-percepat-perizinan-bagi-pengusaha-pelabuhan-zE4Rbjhh0C.jpg Menhub Budi Karya (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ingin mempercepat perizinan bagi para pengusaha pelabuhan. Di mana, perizinan tersebut akan dibuat dengan format yang lebih sederhana.

Perizinan yang cepat akan mempercepat pengusaha mendapatkan hak-haknya yaitu izin usaha dan sertifikat yang dapat dijaminkan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan mewujudkan sistem operasi pelabuhan yang aman dan meningkatkan perlindungan lingkungan maritim dengan menerapkan Kebijakan Pelabuhan Nasional.

Baca juga: Fakta di Balik Tarik Ulur Kenaikan Tarif Penyeberangan

"Perizinan akan mempercepat pengusahan dalam mendapatkan haknya," kata Menhub mengutip instagram @budikaryas, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Contohnya dengan menghapus monopoli, menciptakan kesempatan yang lebih luas untuk investasi di sektor pelabuhan, menciptakan kompetisi yang sehat dalam pelabuhan dan antar pelabuhan, pemisahan yang jelas antara regulator dan operator dengan pembentukan otorias pelabuhan, dan yang terakhir adalah mengakomodasi otonomi daerah.

Baca juga: Benoa Siap Jadi Pelabuhan Kelas Dunia

Menhub menambahkan ingin mendorong pihak swasta untuk bersemangat dalam membangun Indonesia. Dengan adanya ABUPI ini pasti anggotanya mendapatkan suatu pengayoman yang lebih baik.

"Saya ingin mendorong pihak swasta untuk bersemangat dalam membangun Indonesia," ujar Menhub.

Ia melanjutkan semangat-semangat yang bagus dari swasta maka semua pelabuhan akan dikelola secara profesional. Kalau profesional maka dipastikan memberikan kemudahan, kemurahan, dan kecepatan.

"Saya yakin semangat yang bagus dari swasta akan membuat semua pelabuhan dikelola dengan memberikan kemudahan, kemurahan, dan kecepatan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini