nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos Pertamina Tegaskan Tak Lagi Impor Solar dan Avtur Sejak 2019

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 19:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 320 2174045 bos-pertamina-tegaskan-tak-lagi-impor-solar-dan-avtur-sejak-2019-CI3EYip5UK.jpg Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Gedung DPR RI Jakarta.

Di hadapan Anggota Komisi VI Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyebut, optimalisasi kilang membuat minyak mentah (crude) yang diolah semakin banyak. Bahkan hal itu membuat Pertamina tak lagi impor produk solar dan avtur.

 Baca juga: Bos Pertamina Ungkap 'Harta Karun' Panas Bumi RI

"Jadi, kita mulai Maret 2019 sudah tidak lagi mengimpor solar. Kemudian April 2019 kita setop impor avtur, jadi dua produk itu kita mandiri. Walaupun tambahan kilang baru belum dimulai. Namun kita optimalkan yang ada," ujar dia, Selasa (25/2/2020).

Menurut dia, untuk menurunkan impor, Pertamina saat ini membeli produksi minyak mentah dalam negeri. Seperti diketahui, sebagian mentah didatangkan dari impor.

 Baca juga: Didesak Mundur, Menko Luhut: Ahok Temukan Banyak Sekali Masalah di Pertamina

"Upaya kami menurunkan impor dengan memprioritaskan crude domestik. Sebelumnya crude-crude ini dari hasil KKKS ekspor dan sisi lain Pertamina beli impor. Dan hal ini bisa membuat impor minyak mentah turun sebanyak 35%," ungkap dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini