Share

Buktikan Siap Hadapi Tantangan Ekonomi, Perbankan Siap Jalani Stress Test

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 320 2178814 buktikan-siap-hadapi-tantangan-ekonomi-perbankan-siap-jalani-stress-test-y4oZr5rVKG.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Sunarso menyebut perbankan nasional sudah terampil menghadapi situasi ketidakpastian ekonomi global.

Oleh karena itu, pihaknya tetap optimis industri bank akan tetap tumbuh di tengah perlambatan ekonomi global imbas penyebaran virus korona.

โ€œSituasi seperti ini sudah sering dan kita sudah selalu siap stress testing dan situasi ini sudah sangat diantisipasi. Kita tetap optimis karena melalui kolaborasi dan kebijakan,โ€ ucap Sunarso saat ditemui di Komplek Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga: Industri Perbankan Belum Terlalu Terpengaruh Virus Korona

Sebelumnya, Pemerintah meminta kepada perbankan untuk segera menurunkan bunga kreditnya. Sebab, Bank Indonesia sudah menurunkan suku bunga acuannya alias BI-Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,75%.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, seluruh perbankan diminta untuk menurunkan suku bunga kreditnya. Hal ini dalam rangka memberikan stimulus dan juga mengantisipasi gejolak ekonomi global akibat wabah virus korona.

"Kebijakan yang diambil Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harapannya transmisi penurunan suku bunga BI bisa dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Kredit Macet, Perbankan Siapkan Program Restrukturisasi

Menurut Airlangga, selain penurunan suku bunga, pemerintah juga ingin agar kinerja sektor riil bisa melaju lebih kencang. Oleh karena itu, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan ekonomi yang kedua mengenai izin ekspor impor.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini