Sri Mulyani Sebut 6,2 Juta Orang Sudah Lapor SPT Pajak

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 20 2180938 sri-mulyani-sebut-6-2-juta-orang-sudah-lapor-spt-pajak-0zl9BRRYe1.png Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat sudah ada 6,2 juta orang yang melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahun pajak 2019. Angka pelapor SPT Pajak ini meningkat sebanyak 34% jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya 4,2 juta orang.

"Jadi per 9 Maret 2020, pelaporan SPT tahun pajak 2019 capai 6,2 juta orang meningkat sebanyak 34%. Ini indikasi sangat bagus. Saya sebagai Menkeu atau bendahara negara sampaikan terima kasih ke 6,2 juta Wajib Pajak yang udah serahkan SPT dan bayar pajak," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kantor Pajak Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga: Lapor SPT, Sri Mulyani: Saya Juga Wajib Pajak

Menurut dia, dari 6,2 juta yang telah lapor SPT pajak itu hanya 26 ribu orang yang lapor masih manual. Manual itu datang ke kantor pajak, isi dan melakukan pergi ke bank dan balik lagi untuk lapor SPT. Ini turun cukup drastis dari tahun kemarin yang ada 33 ribu yang juga bayar manual.

"Artinya makin banyak bayar wajib pajak pribadi sekarang itu bayarnya melalui e-filing atau menggunakan online. Dan berarti mereka tidak harus bayar ke kantor pajak," ungkap Sri Mulyani.

Baca Juga: Lapor SPT, Sri Mulyani: Pajak Kembali ke Rakyat

Dia menjelaskan, pihaknya tidak melihat kerumunan besar masyarakat untuk laporan SPT di kantor pajak. Namun, Kemenkeu antisipasi dua minggu ke depan tetap ada saja yang datang ke kantor pajak.

"Oleh karena itu saya sangat berterima kasih tadi ada 7.700 para relawan pajak dan ini adalah dari mahasiswa. Di kampus, mahasiswa bersedia jadi relawan pajak, ikut jelaskan dan bantu. Kesadaran kebangsaan dari mahasiswa ini luar biasa. Saya sebagai Menkeu, sangat bangga ke mereka dan terima kasih ke mereka," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini