Groundbreaking Bandara Kediri 15 April 2020

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 320 2181167 groundbreaking-bandara-kediri-15-april-2020-Y70FzkPnaS.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pembangunan Bandara Dhoho di Kediri bakal segera dibangun dalam waktu dekat. Kepastian ini setelah dilakukannya penandatanganan nota kesepemahaman rencana kerja sama Pengusahaan Bandara Dhoho Kediri antara PT Angkasa Pura I (Persero) dengan PT Gudang Garam Tbk.

Baca Juga: Dibangun April 2020, Bandara Kediri Selesai 2022

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Direktur Gudang Garam Istata T Siddharta

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, bandara ini akan dilakukan groundbreaking Pada 15 April 2020. Bandara ini bisa menjadi alternatif untuk penerbangan menuju Jawa Timur.

"Kami sangat antusias dapat menuangkan suatu rencana kerja sama yang baik antara Angkasa Pura I dengan Gudang Garam terkait pengelolaan bandara Internasional Juanda di Jawa Timur," ujarnya di Kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Siap Dibangun, Gerbang Alternatif ke Jawa Timur

Menurut Faik, bandara Kediri direncanakan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan menjadi gerbang alternatif menuju Jawa Timur selain Bandara Juanda Surabaya. Apalagi, bandara Juanda kini sudah terlampau padat.

Pada tahun 2019 yang lalu, tercatat Bandara Juanda telah melayani lebih dari 16,6 juta penumpang. Sementara trafik pesawat mencapai 129 ribu pergerakan pesawat dan kargo mencapai 88,4 juta kilogram.

"Jawa timur itu membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi akibat karena adanya keternatasan di Juanda. Jadi banadara yang diJuanda ini kapasitas maksimum adalah hanya 21 juta penumoang yang akan tercapai tahun ini. Dengan selesianya pembanguan terminal I," jelasnya

Menurut Faik, Bandara Dhoho di Kediri ini rencananya akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan via jalan tol. Sedangkan jarak dari Bandara Abdurrahman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 3 hingga 4 jam.

"Jadi memang, posisi bandara ini bandara Dhoho akan dibangun di desa Grogol kecamatan Grogol jaraknya 13 Km dr pusat kota kediri atau waktu tempuhnya sekitar 30 menit," kata Faik

Pada tahap awal, Bandara Dhoho Kediri direncanakan akan dibangun seluas 13.558 meter persegi dari luas total lahan bandara hampir 400 hektare dengan dimensi runway 2.400 meter x 45 meter untuk kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

"Untuk luasannya sampai 3.300 meter sehingga memang dimungkinkan didarati pesawat besar. Dan kemudian terminal juga akan sekitar 26.350 meter. Jadi dari sisi spesifikasi bandara dibutuhkan untuk pesawat berbadan besar," kata Faik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini