BPJS Kesehatan Diaudit dan Diawasi 7 Lembaga, dari BPK hingga KPK

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2020 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 12 320 2182318 bpjs-kesehatan-diaudit-dan-diawasi-7-lembaga-dari-bpk-hingga-kpk-OZwA7s5lXm.jpg BPJS Kesehatan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengklaim transparansi keuangannya diaudit dan diawasi oleh tujuh lembaga negara termasuk di antaranya DPR, BPK hingga KPK.

"Ya kita itu sebagai lembaga, satu ada tujuh institusi yang mengawasi pertama tentu DPR, kemudian BPK sedang turun melakukan audit. Tiga BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) sedang turun juga penugasan tertentu," ujar Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

BPJS Kesehatan juga rutin melapor ke empat lembaga termasuk dalam hal audit keuangan internal . Tidak kurang ada KPK yang selalu hadir di BPJS dalam bentuk pencegahan, penelitian, dan pengembangan.

"Jadi itu semua menggambarkan seluruh data yang kemudian diharapkan oleh masyarakat dengan sendirinya terpublikasi melalui proses pengawasan itu," jelasnya.

Pernyataan Fahmi itu pun menjawab permintaan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dirinya meminta BPJS Kesehatan transparan mengenai biaya operasional hingga gaji. Apalagi dengan keputusan Mahkamah Agung (MA) mengenai pembatalan kenaikan iuran peserta yang berdampak pada defisitnya neraca keuangan BPJS Kesehatan.

Baca Selengkapnya: Sri Mulyani Minta BPJS Kesehatan Transparan soal Gaji, Begini Kata Dirut

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini