Soal Anggaran Penanganan Virus Korona, Presiden: Sudah Ada Aturannya

Muhammad Riski, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 15 20 2183640 soal-anggaran-penanganan-virus-korona-presiden-sudah-ada-aturannya-t4NACoxsGs.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan anggaran untuk penanganan pandemi covid-19 memadai. Penggunaan anggaran akan merujuk pada Undang-Undang nomor 25 tentang penanggulangan bencana.

“Saya sudah memerintahkan untuk memberikan dukungan anggaran yang memadai untuk digunakan secara efektif dan efisien,” kata dia di Istana Negara, Minggu (15/3/2020).

Baca Juga: Sehat Lagi, Menkeu Kembali Bertugas

Menurutnya, dengan mengacu pada UU nomor 25, pemerintah dan pemda memungkinkan untuk memprioritaskan menggunakan anggaran secara cepat. Di sisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sudah mengeluarkan aturan pedoman untuk penyediaan anggaran yang diperlukan seluruh kementerian lembaga, pemerintah daerah dan gugus tugas percepatan penanganan covid-19.

“Aturan ini memberikan landasan hukum agar pihak yang relevan bisa gunakan anggarannya dan mengajukan kebutuhan anggaran untuk menangani tantangan penyebaran covid-19,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Tingkatkan Langkah Ekstra Tangani Covid-19

Sementara itu, Presiden Jokowi memerintahkan Menkes untuk meningkatkan langkah ekstra dalam menangani Covid-19. Jokowi juga telah melihat beberapa penanganan penyebaran Covid-19 yang dilakukan dari beberapa negara lain. Pemerintah juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak World Health Organization (WHO).

“Adanya kasus Covid-19 di awal bulan ini, saya telah memerintahkan kepada menteri kesehatan dan kementerian terkait untuk meningkatkan langkah-langkah ekstra terkait menangani pandemi global dari Covid-19," kata Jokowi

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini