nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BLT untuk 29,3 Juta Orang Miskin, Driver Ojol Kecipratan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 26 320 2189276 blt-untuk-29-3-juta-orang-miskin-driver-ojol-kecipratan-iv80gLJy2f.jpeg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berencana memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 29,3 juta masyarakat yang masuk ke dalam kelompok 40% termiskin di Indonesia. Kebijakan itu digulirkan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pelemahan ekonomi akibat dampak virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator didang Perekonomian Susiwijono pada telekonfrensi di Gedung BNPB Jakarta.

Menurutnya, para kelompok pekerja informal termasuk para pengemudi ojek online (ojol) juga akan mendapatkan BLT.

"Kita bagi dalam beberapa kelompok tujuan stimulus untuk meningkatkan daya beli. Seperti masyarakat rumah tangga termiskin, 40% rumah tangga termiskin, 29,3 juta akan alokasikan dalam bentuk bantuan langsung tunai," kata dia, Kamis (26/3/2020).

Dia menerangkan, pemerintah juga memberikan BLT kepada kelompok masyarakat yang bekerja di sektor informal. Misalnya dari warung, toko, pedagang pasar.

"Kami (pemerintah), akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk mendata sektor tersebut," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, yang paling terdampak lainnya yakni pelaku usaha transportasi online, Gojek, Grab serta transportasi lainnya.

"Dan pekerja harian di mal, pusat perbelanjaan. Kami kerja sama dengan beberapa asosiasi, menghubungi APPBI, kita akan data para pekerja harian untuk dapat BLT," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini