Ada Covid-19, Tantangan Bulog Sediakan Pangan di Bulan Ramadan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 320 2196616 ada-covid-19-tantangan-bulog-sediakan-pangan-di-bulan-ramadan-rbtMLdHBwg.jpg Pangan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog memperkirakan persediaan pangan pada bulan Ramadan atau Idul Fitri tahun 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan kemungkinan penerapan lockdown untuk mengatasi penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan, pihaknya berupaya pemenuhan stok yang dilakukan Bulog untuk skenario lockdown apabila terjadi yakni dengan memprioritaskan pengadaan dalam negeri mengingat puncak panen dimulai pada bulan April 2020.

"Sebagai catatan lockdown kemungkinan akan menyebabkan pembatasan penyerapan hasil-hasil produksi serta distribusi yang terhambat untuk pasokan ke luar wilayah sentral produksi," ujar dia pada saat rapat dengar pendapat (RDP) secara virtual dengan Komisi IV, Kamis (9/4/2020).

Menurut dia, adapun jika tidak terjadi lockdown, selain prioritas penyerapan dalam negeri juga diusulkan agar mekanisme sentralisasi pangan dapat dilakukan melalui Perum Bulog sebagai operator.

"Dengan mekanisme ini, pemerataan stok antar wilayah dapat dilakukan oleh Perum Bulog yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi di masing-masing wilayah," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta mekanisme penjualan pangan pokok kepada masyarakat dari Bulog menerapkan strategi penjualan melalui e-commerce yang bersifat online, sehingga dapat menghindari terjadinya penurunan massa, mengurangi masyarakat keluar rumah maupun meminimalisir terjadinya kontak langsung.

"Selain itu untuk jaringan rumah pangan kita (RPK) dan kelurahan pemesanan dari Mitra binaan dapat dilakukan melalui online atau menghubungi petugas Bulog," jelas dia.

Kemudian, lanjut dia, pembagian kepada masyarakat dilakukan dengan pengaturan jadwal untuk mengurangi kerumunan.

"Terkahir dapat kami sampaikan bahwa manajemen beserta seluruh jajaran Perum Bulog senantiasa berkomitmen untuk terus menjaga ketahanan pangan di negara dan di tengah beratnya tantangan yang kita hadapi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini