Pemerintah Tanggung Pembayaran KUR Senilai Rp29,6 Triliun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 320 2203163 pemerintah-tanggung-pembayaran-kur-senilai-rp29-6-triliun-KjxAPbn1s9.jpg UMKM Terkena Dampak Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah bakal memberikan keringanan pembayaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku usaha kecil yang terdampak virus corona. Nilai keringanan pembayaran kredit yang ditanggung mencapai Rp29,6 triliun yang berasal dari 11,4 juta debitur.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, angka Rp29,6 triliun tersebut terdiri dari 1 juta debitur yang meminjam hingga Rp500 juta melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Adapun total kredit yang akan ditanggung untuk 1 juta debitur ini mencapai RP2,4 triliun.

Di sisi lain, pemerintah akan menanggung kredit dan bunga cicilan dari 10,4 juta debitur yang meminjam lewat program Mekaaar maupun PNM. Total dana yang akan ditanggung oleh pemerintah adalah sebesar Rp27,2 triliun.

Baca Juga: Angsuran 11 Juta Debitur KUR Dibayar Pemerintah untuk 3 Bulan

"Jadi ultra mikro PIP, UMI, Mekar dan lainnya itu ada 11,4 juta debitur," ujarnya dalam teleconfrence, Rabu (22/4/2020).

Adapun keringan kredit yang akan ditanggung pemerintah adalah berupa pembebasan bayaran cicilan pokok selama enam bulan. Kemudian pemerintah juga akan menanggung biaya bunga bulanannya selama enam bulan

Hanya saja, bunga cicilan bulanan yang akan ditanggung pemerintah berbeda-beda. Untuk tiga bulan pertama, pemerintah akan menaggung penuh bunga cicilannya, sedangkan tiga bulan berikutnya pemerintah hanya menanggun 50% saja bunga cicilannya.

"Jadi 6 bulan tidak membayar pokok cicilan, bungannya ditanggung pemerintah pada tiga bulan pertama, dan tiga bulan selanjutnya 50% ditanggung pemerintah," jelasnya.

Sri Mulyani menambahkan, petunjuk pemberian relaksasi pembayaran pokok dan bunga pinjaman KUR tersebut saat ini tengah dibuat oleh OJK dan perbankan. Diharapkan, kebijakan ini bisa segera rampung agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan angin segar di tengah kesulitan pandemi corona.

"Yang akan kami segera finalkan adalah kredit kecil yang adal di dalam perbankan yang hampir sama nialinya dengan KUR," kata Sri Mulyani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini