Ini Relaksasi bagi Pengusaha yang Lunasi Pita Cukai di Tengah Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 20 2204137 ini-relaksasi-bagi-pengusaha-yang-lunasi-pita-cukai-di-tengah-covid-19-VarUbkkiGn.jpg Kontainer (Reuters)

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memberikan dua relaksasi untuk dunia usaha. Hal ini agar dapat bertahan dari dampak negatif ekonomi akibat Virus Korona (Covid-19).

Mengutip website Setkab, Jakarta, Jumat (24/4/2020), pertama, adalah insentif penundaan pembayaran cukai untuk pengusaha pabrik atau importir barang kena cukai yang melaksanakan pelunasan dengan cara pelekatan pita cukai sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 30/PMK.04/2020.

 Baca juga: Masker Hasil Penangkapan Bea Cukai Diserahkan ke BNBP

Relaksasi diberikan untuk pemesanan pita cukai yang diajukan pengusaha pabrik pada tanggal 9 April-9 Juli 2020 berupa penundaan pembayaran selama 90 hari atau kurang lebih 3 bulan.

Penundaan ini bertujuan membantu cash flow perusahaan agar perusahaan dapat tetap menjalankan usahanya untuk mengatasi terhambatnya penyediaan logistik dan penyerapan tenaga kerja agar tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

 Baca juga: Cukai Bahan Dasar Hand Sanitizer Dibebaskan, Ini Faktanya

Kedua, memberi insentif tambahan untuk perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan/atau Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PMK.04/2020).

Pemberian insentif tambahan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan tersebut untuk melakukan substitusi bahan baku produksi asal impor dengan lokal dan pasar ekspor dengan pasar lokal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini