Krisis Ekonomi akibat Covid-19 Bakal Berakhir 2021?

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 14:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 26 20 2205104 krisis-ekonomi-akibat-covid-19-bakal-berakhir-2021-krvIkmTuzS.jfif Virus Corona (Foto: Ilustrasi Okezone.com)

JAKARTA - Virus corona yang terjadi hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia kini mulai mengancam perekonomian dan bisa menimbulkan krisis. Bahkan beberapa pihak pun sulit mempredikisi sedalam apa dampaknya virus corona ini pada perekonomian.

Chief Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean mengatakan, krisis yang terjadi saat ini hanya bisa diselesaikan jika virus corona sudah hilang. Oleh karena itu, penanganan yang dilakukan pemerintah masing-masing negara termasuk Indonesia menjadi sangat penting.

Baca Juga: Kuat saat Krisis 1998, UMKM Kini Paling Terdampak Corona

"Dan pertanyaan nomor dua sampai kapan itu tergantung dari bagaimana virus itu diselesaikan. Jadi tergantung bagaimana social distancing ini bisa berlangsung," ujarnya dalam diskusi virtual, Minggu (26/4/2020).

Menurut Adrian, para ekonom dan lembaga internasional pun bahkan sulit untuk memprediksi kapan krisis ekonomi tersebut berakhir. Sebab krisis yang terjadi pada tahun ini berbeda dari tahun 2008 maupun 1998.

Baca juga: Menkeu Ungkap 3 Langkah Indonesia Hadapi Virus Corona, Apa Saja?

"Karena seperti ini sulit kapan memperkirakan masalah ini bisa selesai," ucapnya.

Namun menurut Adrian, jika mengacu pada pengaplikasian vaksin virus, maka krisis ini baru akan berakhir pada semester I-2021 mendatang. Mengingat, pengaplikasian vaksi virus baru bisa dilakukan dalam 18 bulan ke depan.

"Kalau saya mengacu bahwa vaksin bisa diaplikasikan 18 bulan ke depan mestinya krsisis terjsdi di awal 2020 ini baru akan selesai pertengahan semester pertama 2021," kata Adrian.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini