ASDP Hentikan Layanan Penyeberangan Penumpang dan Kendaraan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 320 2206005 asdp-hentikan-layanan-penyeberangan-penumpang-dan-kendaraan-n7Dmpvrd5f.jpg Penghentian Sementara Penyeberangan Penumpang dan Kendaraan. (Foto: Okezone.com/ASDP)

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk sementara tidak menjual tiket penumpang dan kendaraan golongan I-IV. Keputusan ini menyikapi kebijakan pemerintah terkait larangan mudik demi mendukung pencegahan penyebaran Covid-19.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, ASDP akan mentaati Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 hingga tanggal 31 Mei 2020. Untuk itu, perseroan menghentikan sementara seluruh layanan penyeberangan bagi penumpang dan kendaraan, kecuali layanan angkutan logistik, kendaraan pengangkut alat medis dan kendaraan jenazah.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Tiket Kapal Laut secara Online

"Pada Minggu (26 April 2020) kami juga telah berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri bersama jajaran Polda Banten dan telah diputuskan bahwa kapal-kapal angkutan penyeberangan Merak-Bakauheni dilarang mengangkut penumpang pejalan kaki, sepeda motor, kendaraan angkutan orang, baik pribadi maupun umum," ujar Ira, dalam keterangannya, Selasa (28/4/2020).

Dirinya menegaskan, kini ASDP hanya menyediakan layanan penyeberangan untuk angkutan logistik dan menghentikan sementara layanan penumpang dan kendaraan golongan I - VI hingga 31 Mei 2020.

“Pengecualian bagi mobil angkutan barang/logistik,” ujarnya.

Dia mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, yang menjadi fokus utama adalah kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat dan karyawan (people first), untuk itu ASDP terus menerapkan protokol preventif di seluruh pelabuhan dan kapal-kapal secara ketat.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini