Obligasi Hutama Karya Kelebihan Permintaan 6 Kali Lipat

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 278 2209459 obligasi-hutama-karya-kelebihan-permintaan-6-kali-lipat-cEvY2DHojg.jpeg Hutama Karya Terbitkan Obligasi. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menerbitkan obligasi dalam denominasi dolar AS atau Global Bonds pada Senin 4 Mei 2020 sebesar USD600 juta atau setara Rp9 triliun (kurs Rp 15.000 per USD).

Dalam penawarannya, Hutama Karya membukukan kelebihan permintaan dari investor sebesar hampir 6 kali dari nilai yang diterbitkan. Hal ini membuktikan bahwa korporasi Indonesia, khususnya BUMN, masih dilirik sebagai alternatif investasi investor global.

Dalam surat utang yang diterbitkan ini, Hutama Karya menawarkan imbal hasil (yield) 3,8%. Demikian dikutip dari keterangan Kementerian BUMN, Selasa (5/5/2020).

Baca Juga: Hutama Karya Siapkan Protokoler Wajib untuk Proyek Tol Tran Sumatera

Adapun investor yang melakukan pembelian Global Bonds berasal dari Asia (42%), Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (30%), dan Amerika Serikat (28%). Dana yang diperoleh Hutama Karya akan digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Dalam pelaksanaan penerbitan Global Bonds ini, Kementerian BUMN senantiasa menjaga rasio-rasio keuangan perusahaan yang berencana atau telah menerbitkan Global Bonds secara berkala. Global Bonds Hutama Karya Kelebihan Permintaan Hampir 6 Kali Lipat, Bukti Investasi Indonesia Masih Menarik

Sebagai informasi, Hutama Karya menjadi salah satu BUMN yang menerbitkan surat utang dalam bentuk dolar AS setelah sebelumnya Jasa Marga, Pertamina dan PLN sukses melakukan hal yang serupa di tahun lalu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini