4 Sifat Nabi Muhammad SAW yang Harus Dicontoh dalam Diri Pengusaha

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 17:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 11 320 2212357 4-sifat-nabi-muhammad-saw-yang-harus-dicontoh-dalam-diri-pengusaha-lMUzQA2yaP.jpeg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Seorang muslim yang menjadi pengusaha harus mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan praktik bisnis yang dilakukannya. Paling tidak, ada 4 sifat Rasulullah SAW yang harus dicontoh oleh para pengusaha ini.

Seperti dilansir dari buku Jejak Bisnis Rasul hasil terjemahan Muhammad Sulaiman PhD, Aizuddinur Zakaria, penerbit Hikmah, berikut 4 sifat Rasulullah tersebut:

Baca Juga: Sukses Berdagang ala Nabi Muhammad SAW, Diawali dengan Niat Tulus

1. Shidiq (Jujur)

Jujur kepada diri sendiri juga kepada orang lain. Sifat jujur akan melahirkan sifat keyakinan dan keberanian untuk menghadapi ujian, apapun bentuknya.

2. Amanah

Sifat amanah mendorong seseorang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Keberadaan sifat ini akan membangun kekuyatan diri dan memperbaiki kualitas hubungan sosial.

Baca Juga: 8 Pelajaran Berdagang dari Sifat Jujur Rasulullah SAW

3. Tablig (Komunikatif)

Seorang pebisnis harus menjadi marketing yang hebat, juga harus menjadi seorang pembicara yang unggul.

4. Fathonah (Cerdik)

Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Lalu muncul kreativitas, ide dan wawasan. Pada akhirnya, produk atau jasa yang dikeluarkan pun akan menjadi produk unggulan dan sempuna. Karena produk yang dihasilkan unggulan, pelanggan pun senang dan menaruh kepercayaan (trust).

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini