Prinsip Pemulihan Ekonomi dari Covid-19: Cepat, Transparan dan Akuntabel

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 320 2213509 prinsip-pemulihan-ekonomi-dari-covid-19-cepat-transparan-dan-akuntabel-uwhSAuqmuX.jpg Upaya Membangkitkan Ekonomi RI di Tengah Pandemi Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah mengeluarkan aturan terkait pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional dalam rangka mendukung kebutuhan keuangan negara untuk penanganan pandemi virus corona atau Covid-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyebut, program pemulihan ekonomi nasional terdiri dari beberapa poin modalitas yang mencakup berbagai aspek.

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Aturan Pemulihan Ekonomi Negara dari Corona, Ini Isinya

"Jadi prinsip yang kita pegang untuk program pemulihan ekonomi nasional yaitu prudent, transparan, harus cepat, adil, akuntabel, dan sesuai ketentuan," ujar dia pada telekonfrensi, Rabu (13/5/2020).

Menurut dia, poin-poin modalitas pada program pemulihan ekonomi nasional itu. Seperti, belanja APBN, yakni berupa insentif perpajakan dan subsidi bunga melalui lembaga keuangan. Lalu penempatan dana untuk perbankan yang terdampak restrukturisasi.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 Masih Kajian Awal, Begini Penjelasannya

"Kemudian penjaminan untuk kredit modal kerja. Serta penyertaan modal negara (PMN) untuk BUMN yang permodalannya terdampak dan mendapat penugasan khusus. Dan terakhir, investasi pemerintah untuk modal kerja," ungkap dia.

Sebagai informasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan ekonomi Indonesia akan meleset jauh dari target pada tahun ini. Mengingat pandemi virus corona sangat berpengaruh pada kinerja perekonomian negara.

Ekonomi Indonesia diperkirakan akan berada di bawah 2,3%. Bahkan diperkirakan ekonomi Indonesia bisa tumbuh di kisaran 1%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini