Mau Ambil Bantuan Sosial Tunai? Ini Caranya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 320 2218619 mau-ambil-bantuan-sosial-tunai-ini-caranya-qt61KxL3L1.jpg Bantuan Sosial Tunai (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) mendistribusikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. BST ini mulai didistribusikan di berbagai wilayah di Indo

BST sendiri merupakan bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial yang akan diberikan kepada masyarakat berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Masyarakat calon penerima BST akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp600.000 per kepala keluarga setiap bulannya selama tiga bulan. Pemberian BST ini guna menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

 Kantor Pos

Bagi Anda penerima BST, Kantor Pos Indonesia melakukan pembagian BST. Anda bisa mengambil BST di seluruh kantor Pos Indonesia.

Namun, ada beberapa cara agar Anda tetap aman saat mengambil BST di Kantor Pos. Dikutip dari akun Instagram Kementerian Sosial RI, berikut caranya.

1. Datang sesuai jadwal

Para penerima BST diharapkan agar datang sesuai jadwalnya. Usahakan agar tiba di lokasi setidaknya 15 menit sebelum waktu pembagian dimulai. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi membludaknya antrean.

Baca juga: Tak Punya KTP Bisa Dapat Bantuan Langsung Tunai, Ini Syaratnya

2. Jaga jarak aman

Jagalah jarak aman Anda dengan orang lain setidaknya 1 meter. Ini dilakukan guna mencegah persebaran virus corona. Apalagi saat ini kasus positif baru virus corona masih berlanjut di Indonesia.

 Baca juga: Tidak Terapkan Physical Distancing, Pembagian Bansos Tunai Dibubarkan Wali Kota Lubuklinggau

3. Wajib pakai masker

Selain jaga jarak aman, menggunakan masker juga merupakan suatu kewajiban. Menutup hidung dan mulut akan melindungi Anda dari percikan droplet ketika ada yang bersin.

4. Cuci tangan

Di masa pendemi ini, mencuci tangan memang sudah menjadi kebiasaan utama yang wajib dilakukan. Selain mencuci tangan, jagalah kebersihan diri Anda dengan mandi atau mengganti pakaian ketika sampai di rumah.

5. Antre

Sabar dan mengantre sudah merupakan bagian dari budaya Indonesia. Dengan mengantre, berarti Anda sudah menghargai kerja para panitia yang akan membagikan BST untuk Anda

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini