Pengusaha Optimistis New Normal Akan Berdampak ke Perekonomian

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 320 2219672 pengusaha-optimistis-new-normal-akan-berdampak-ke-perekonomian-LgQr2FnII1.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengaku optimistis new normal bisa dilakukan dan akan berdampak pada perekonomian. Hal itu dikarenakan banyak pengusaha yang hanya sanggup bertahan pada Agustus.

Dia juga menjelaskan, apabila tidak ada instruksi pemerintah dalam membuka ekonomi Indonesia maka pengusaha akan melakukan pemutusan kerja sepihak.

Baca Juga: Panduan Kerja New Normal Terbit, 100% Seluruh Karyawan Langsung Masuk ke Kantor?

Dia menambahkan apabila new normal ini bisa melakukan aktivitas ekonomi dan para pelaksana implementasi. Maka kombinasi pemerintah sangat penting dari segi pelaksanaan. Hal ini agar tidak meningkatkan positif korban Covid-19.

"Kita memang akan berbeda dalam membuka usaha karena kita akan lebih ketat dalam protokol kesehatan," ujar dia dalam acara IDX Channel di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

grafik

Untuk diketahui, Indonesia akan segera memasuki era new normal. Sebagian perkantoran dan kementerian akan mulai menerapkan bekerja di kantor kembali. Untuk itu, masyarakat diminta bersiap dengan selalu mengutamakan protokol kesehatan.

Dalam kondisi new normal, masyarakat wajib mengikuti kebijakan pemerintah dengan mengutamakan protokol kesehatan seperti jaga jarak, hidup bersih dan lainnya untuk mencegah tertular wabah virus corona.

Baca Juga: Aturan Kerja New Normal, Apa Kata Pengusaha?

Berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat, pertama, penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penyesuaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kedua, penyesuaian PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini