4 Kategori Pengaduan soal THR, Apa Saja?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 320 2220812 4-kategori-pengaduan-soal-thr-apa-saja-dpm64ZFquB.jpg Uang THR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Terdapat 453 pengaduan soal pembayaran tunjangan hari raya (THR). Rinciannya 146 pengaduan akibat THR belum dibayarkan, 3 pengaduan THR belum disepakati, 78 pengaduan akibat THR terlambat bayar, dan 226 pengaduan akibat THR tidak dibayarkan.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pemeriksaan awal terhadap dugaan pelanggaran pembayaran THR ini memang difokuskan pada pemilahan 4 kategori pengaduan THR. Antara lain, THR belum dibayarkan, THR belum disepakati, THR terlambat bayar, dan THR tidak dibayarkan.

 THR

“Jadi para pengawas ketenagakerjaan turun ke lapangan untuk memastikan kondisi perusahaan dan dugaan pelanggaran pembayaran THR. Apakah perusahaan itu termasuk kategori THR belum dibayarkan atau THR belum disepakati karena sampai saat ini belum ada pembicaraan sama sekali terkait pembayaran THR,” ujar Ida dalam keterangan persnya, Kamis (28/5/2020).

 Baca juga: Di Pertemuan Menteri Buruh G20, Menaker Ungkap 2 Juta Pekerja Terdampak Covid-19

Selain itu ada juga kategori THR terlambat bayar. Jika sudah ada kesepakatan kedua belah pihak tentang penundaan atau pentahapan pembayaran THR tidak masalah.

Terakhir, ujar Ida, kategori THR tidak dibayarkan. Ini harus diusut alasan dan penyebab perusahaan tersebut tidak membayar THR.

 Baca juga: Kemnaker: 336 Perusahaan Diduga Langgar Aturan Pembayaran THR

“Yang pasti, kita kerahkan para pengawas ketenagakerjaan di seluruh Indonesia untuk menindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk ke posko pengaduan THR sehingga permasalahannya dapat segera diselesaikan,” kata Ida.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini