Garuda Bakal Dapat Dana Talangan Rp8,5 Triliun, untuk Apa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2020 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 05 278 2225188 garuda-bakal-dapat-dana-talangan-rp8-5-triliun-untuk-apa-XrejDWTBR0.jpg Garuda Indonesia (Okezone)

JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan mendapatkan suntikan Rp8,5 triliun dari pemerintah dengan skema dana talangan. Dana talangan ini masuk ke dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca Covid-19.

Direktur utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan dana talangan ini nantinya akan digunakan untuk modal kerja. Selain itu, dana talangan ini juga akan digunakan untuk langkah-langkah efisiensi yang akan dilakukan oleh maskapai berlambang burung garuda.

 Baca juga: Haji 2020 Ditiadakan Jadi Pukulan Besar bagi Garuda Indonesia

"Untuk modal kerja, rencana-rencana efisiensi yang dilakukan Garuda karena siapapun memastikan uangnya kembali. Bagaimana itu kita memberikan mereka program rencana ke depan dari sisi penjualan dan pendapatan maupun efisiensi perusahaan," ujarnya dalam telekonferensi, Jumat (5/6/2020).

Irfan berharap pandemik COVID-19 bisa mereda dan dana talangan ini bisa segera turun untuk memaksimalkan kinerja Garuda Indonesia ke depannya. Sehingga kinerja keuangan Garuda juga bisa kembali normal.

 Baca juga: Bos Garuda Akui Biaya Penerbangan Lebih Mahal karena PCR Test

"Kita semua sepakat kalau pandemi ini lewat dan dana ini turun, teman-teman Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan berharap Garuda lebih kompetitif. Cost struktur yang lebih sehat dan punya managemen yang commited," jelasnya.

Selain itu, irfan juga menyebut masih memungkinkan terjadinya perubahan besaran dana talangan yang diberikan pemerintah. Sebab hingga saat ini masih besaran angka tesebut masih dalam pembahasan antar Kementerian.

"Kalau pinjam-meminjam gak bisa tos, perlu tanda tangan. Nanti kita lihat detailnya apa ada tambahan, selipan, apakah Rp8,5 triliun, atau Rp8,9 triliun, Rp10 triliun atau jadi Rp5 triliun, saya juga belum tahu. Tapi kelihatan akan bertahap, doakan saja bahwa ini bisa cepat," jelasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini