Share

Tidak Ada Kenaikan Listrik Sejak 2017

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 09 Juni 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 320 2227053 tidak-ada-kenaikan-listrik-sejak-2017-F1ePZcG8Z8.jpg Listrik PLN. (Foto: Okezone.com/Dok. PLN)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik saat ini. Bahkan tarif listrik tidak naik sejak 2017.

Menurut General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan, isu lonjakan tagihan listrik tersebut dikarenakan adanya selisih tagihan rekening di bulan-bulan sebelumnya, bukan disebabkan oleh Tarif Listrik yang naik.

“Kami sampaikan lagi bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik bahkan sejak 2017 dan tidak ada subsidi silang untuk tarif daya berapapun,” tegas Doddy, dalam keterangannya, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga: PLN Sebut 2,25 Juta Pelanggan Tak Lapor Lonjakan Tagihan Listrik

Dia menjelaskan, kenaikan tagihan terjadi karena adanya peningkatan konsumsi listrik selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kebijakan Work from Home (WFH).

Hal ini juga yang menyebabkan petugas catat meter tidak bisa mengunjungi pelanggan untuk melakukan pencatatan meter secara langsung sehingga pelanggan diminta untuk melakukan pencatatan meter mandiri.

Baca Juga: Berikut Cara agar Tagihan Listrik Tak Membengkak

Adapun pelanggan yang tidak mengirimkan angka stand kWh meter mulai tanggal 24 - 27 tiap bulannya, maka tagihan listriknya didasarkan pada perhitungan rata-rata penggunaan listrik 3 bulan terakhir bukan berdasarkan pemakaian riil pelanggan.

Namun sejak Mei 2020, petugas catat meter telah kembali melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan. Sehingga ketika ada selisih pada pemakaian yang belum tertagih akan terakumulasi pada bulan selanjutnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

“Untuk wilayah Jakarta Raya sendiri dari total 2.232.353 pelanggan pascabayar, sekitar 1,6% telah melakukan pencatatan meter mandiri, 94,9% dibaca oleh petugas dan sisanya dikenakan perhitungan rata-rata karena tidak dapat dijangkau petugas,” jelas Doddy.

Bagi pelanggan yang merasakan ada kenaikan tagihan listrik dan ingin memeriksa sendiri riwayat pemakaian listriknya bisa melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh dari ponsel. Selain itu, pengecekan juga dapat dilakukan via website www.pln.co.id, dan Contact Center PLN 123.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini