Share

Pengumuman, Kereta Jarak Jauh Kembali Beroperasi Mulai 12 Juni

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 10 Juni 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 320 2227681 pengumuman-kereta-jarak-jauh-kembali-beroperasi-mulai-12-juni-z0GZMzOqoz.jpg Kereta Api Jarak Jauh Kembali Dioerasikan di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan KA Jarak Jauh dan KA Lokal Reguler secara bertahap mulai 12 Juni 2020.

“Kami mengoperasikan kembali perjalanan KA reguler sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020).

Didiek menegaskan, pengoperasian kembali KA Reguler ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Baca Juga: Penumpang KRL Tetap Dibatasi Maksimal 74 Orang per Gerbong

Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Didiek menjelaskan, terdapat 14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal yang dijalankan kembali mulai 12 Juni 2020 untuk seluruh lapisan masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyebut, pihaknya telah menyiapkan berbagai ketentuan untuk PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) sebagai operator untuk memfasilitasi penumpang selama masa kenormalan baru atau new normal.

Baca Juga: Kapasitas KRL Bogor Ditambah Jadi 74 Penumpang per Gerbong

Menurutnya, ketentuan itu diatur dalam Surat Edaran Dirjen Perkeretaapian Nomor 14 Tahun 2020. Di mana salah satu ketentuan yang perlu dilakukan oleh KAI adalah menyediakan ruang isolasi dalam rangkaian kereta api.

"Jadi setiap rangkaian gerbong makan akan dijadikan ruang isolasi," ujar Zulfikri.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini